Selasa, 05 Juni 2012

Pengertian PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB)


        PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan kendaraan  utama    dalam   upaya   membawa perubahan yang diinginkan berkaitan dengan  keberhasilan  siswa.   Dengan demikian semua siswa   diharapkan  dapat   mempunyai pengetahuan lebih,   mempunyai keterampilan   lebih   baik,  dan   menunjukkan   pemahaman yang   mendalam     tentang   materi   ajar   serta   mampu   memperlihatkan   apa   yang  mereka ketahui   dan   mampu     melakukannya. PKB  mencakup  berbagai cara dan/atau pendekatan  dimana guru   secara  berkesinambungan  belajar  setelah   memperoleh pendidikan dan/atau   pelatihan   awal   sebagai   guru.  PKB  mendorong   guru untuk   memelihara   dan   meningkatkan   standar   mereka   secara keseluruhan mencakup  bidang-bidang berkaitan dengan pekerjaannya   sebagai   profesi.   Dengan   demikian,   guru   dapat  memelihara, meningkatkan  dan   memperluas  pengetahuan  dan keterampilannya serta  membangun kualitas pribadi yang dibutuhkan di dalam kehidupan profesionalnya.
          Melalui   kesadaran  untuk   memenuhi   standar   kompetensi  profesinya serta    upaya      untuk    memperbaharui   dan  meningkatkan kompetensi profesional selama periode bekerja sebagai guru,  PKB dilakukan dengan komitmen secara holistik  terhadap   struktur   keterampilan   dan   kompetensi   pribadi   atau  bagian    penting    dari kompetensi   profesional.   Dalam    hal  ini  adalah suatu   komitmen      untuk   menjadi    profesional   dengan memenuhi standar      kompetensi  profesinya, selalu  memperbaharuimya, dan    secara   berkelanjutan    untuk   terus berkembang PKB   merupakan   kunci   untuk    mengoptimalkan kesempatan    pengembangan   karir baik   saat   ini  maupun    ke depan.   Untuk   itu, PKB   harus  mendorong  dan   mendukung perubahan    khususnya  di dalam praktik-praktik  dan pengembangan karir guru.
           Pada     prinsipnya,   PKB   mencakup   kegiatan    perencanaan, pelaksanaan,    evaluasi,    dan    refleksi   yang    didesain     untuk  meningkatkan   karakteristik,    pengetahuan,  pemahaman, dan keterampilan sebagaimana digambarkan pada diagram berikut ini    (diadopsi     dari   Center for    Continuous Professional  Development  (CPD).   University   of   Cincinnati   Academic   Health  Center.    http://webcentral.uc.edu/-cpd_online2).    Dengan  perencanaan    dan    refleksi   pada    pengalaman   belajar   guru dan/atau   praktisi  pendidikan   akan   mempercepat pengembangan    pengetahuan    dan   keterampilan guru serta kemajuan karir guru dan/atau praktisi pendidikan.
           PKB    adalah bagian    penting    dari  proses     pengembangan keprofesionalan   guru.  PKB tidak   terjadi   secara  ad-hoc  tetapi dilakukan   melalui  pendekatan   yang   diawali   dengan perencanaan  untuk   mencapai standar     kompetensi      profesi  (khususnya bagi guru yang   belum  mencapai     standar kompetensi sesuai dengan hasil penilaian kinerja, atau dengan kata   lain   berkinerja   rendah),  mempertahankan/menjaga  dan mengembangkan  pengetahuan,   keterampilan   dan   perolehan pengetahuan  dan    keterampilan  baru.   PKB    dalam     rangka
pengembangan   pengetahuan dan    keterampilan merupakan tanggung-jawab guru secara     individu    sesuai dengan masyarakat   pembelajar,   jadi sangat   penting   bagi   guru    yang berada    di  ujung   paling   depan     pendidikan.  Oleh      karena    itu, agar     PKB     dapat     mendukung    kebutuhan       individu     dan meningkatkan   praktik-praktik   keprofesianalan   maka   kegiatan PKB harus:
1.   menjamin kedalaman pengetahuan terkait dengan materi  ajar yang diampu;
2.   menyajikan landasan     yang     kuat    tentang     metodologi   pembelaran (pedagogik) untuk mata pelajaran tertentu;
3.   menyediakan  pengetahuan   yang    lebih  umum   tentang  proses     pembelajaran  dan  sekolah    sebagai    institusi  di samping  pengetahuan   terkait   dengan     materi    ajar  yang diampu  dan   metodologi   pembelaran   (pedagogik)   untuk   mata pelajaran tertentu;
4.   mengakar   dan   merefleksikan   penelitian   terbaik   yang   ada   dalam bidang pendidikan;
5.   berkontribusi  terhadap  pengukuran   peningkatan    keberhasilan peserta didik dalam belajarnya;
6.   membuat   guru   secara   intelektual   terhubung   dengan   ide- ide dan sumberdaya yang ada;      
7.   menyediakan  waktu    yang  cukup,     dukungan      dan   sumberdaya  bagi guru agar mampu menguasai isi materi  belajadan pedagogi serta mengintegrasikan dalam praktik- praktik pembelajaran sehari-hari;
8.  didesain   oleh   perwakilan   dari   mereka-mereka   yang   akan  berpartisipasi    dalam   kegiatan    PKB   bekerjasama dengan  para ahli dalam bidangnya;
9.   mencakup   berbagai   bentuk   kegiatan   termasuk   beberapa kegiatan    yang   mungkin     belum   terpikirkan    sebelumnya  sesuai dengan kondisi dan kebutuhan saat itu.
Sumber :
BUKU 1  PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU ,  PEDOMAN PENGELOLAAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN   (PKB) KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU  PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar