PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan
bagi guru yang merupakan kendaraan utama
dalam upaya membawa perubahan yang
diinginkan berkaitan dengan
keberhasilan siswa. Dengan demikian semua siswa
diharapkan dapat mempunyai pengetahuan lebih,
mempunyai keterampilan lebih
baik, dan menunjukkan
pemahaman yang mendalam tentang
materi ajar serta
mampu memperlihatkan apa
yang mereka ketahui
dan mampu melakukannya. PKB
mencakup berbagai cara
dan/atau pendekatan dimana guru secara berkesinambungan belajar setelah
memperoleh pendidikan dan/atau pelatihan
awal sebagai guru.
PKB mendorong guru untuk
memelihara dan meningkatkan standar
mereka secara keseluruhan mencakup bidang-bidang berkaitan dengan pekerjaannya sebagai
profesi. Dengan demikian,
guru dapat memelihara, meningkatkan dan
memperluas pengetahuan dan keterampilannya serta membangun kualitas pribadi yang dibutuhkan di
dalam kehidupan profesionalnya.
Melalui kesadaran
untuk memenuhi standar
kompetensi profesinya serta
upaya untuk memperbaharui dan meningkatkan kompetensi profesional selama
periode bekerja sebagai guru, PKB
dilakukan dengan komitmen secara holistik terhadap
struktur keterampilan dan
kompetensi pribadi atau bagian
penting dari kompetensi profesional. Dalam
hal ini adalah suatu komitmen untuk
menjadi profesional dengan memenuhi standar kompetensi profesinya, selalu memperbaharuimya, dan
secara berkelanjutan untuk
terus berkembang PKB
merupakan kunci
untuk mengoptimalkan kesempatan
pengembangan karir baik
saat ini maupun
ke depan. Untuk itu, PKB
harus mendorong dan
mendukung perubahan khususnya di dalam praktik-praktik dan pengembangan
karir guru.
Pada prinsipnya,
PKB mencakup kegiatan
perencanaan, pelaksanaan, evaluasi,
dan refleksi yang
didesain untuk meningkatkan
karakteristik, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan sebagaimana
digambarkan pada diagram berikut ini
(diadopsi dari Center for Continuous Professional Development
(CPD). University of
Cincinnati Academic Health Center. http://webcentral.uc.edu/-cpd_online2). Dengan perencanaan
dan refleksi
pada pengalaman belajar
guru dan/atau praktisi pendidikan
akan mempercepat pengembangan pengetahuan
dan keterampilan guru serta kemajuan karir guru dan/atau praktisi pendidikan.
PKB
adalah bagian penting
dari proses pengembangan keprofesionalan guru.
PKB tidak terjadi secara
ad-hoc tetapi dilakukan melalui pendekatan yang diawali dengan perencanaan untuk
mencapai standar kompetensi profesi (khususnya bagi guru yang belum
mencapai standar kompetensi
sesuai dengan hasil penilaian kinerja, atau dengan kata lain berkinerja
rendah),
mempertahankan/menjaga dan mengembangkan pengetahuan,
keterampilan dan perolehan pengetahuan dan
keterampilan baru. PKB
dalam rangka
pengembangan pengetahuan dan
keterampilan merupakan tanggung-jawab guru secara
individu sesuai dengan masyarakat pembelajar,
jadi sangat penting
bagi guru yang berada di ujung paling
depan pendidikan. Oleh
karena itu, agar PKB
dapat mendukung kebutuhan individu dan meningkatkan praktik-praktik keprofesianalan maka
kegiatan PKB harus:
1. menjamin
kedalaman pengetahuan terkait dengan materi ajar yang diampu;
2. menyajikan landasan yang
kuat tentang metodologi pembelaran (pedagogik) untuk mata
pelajaran tertentu;
3. menyediakan pengetahuan yang
lebih umum tentang
proses pembelajaran dan
sekolah sebagai
institusi di samping pengetahuan
terkait dengan
materi ajar yang diampu dan
metodologi pembelaran (pedagogik)
untuk mata pelajaran tertentu;
4. mengakar dan
merefleksikan penelitian terbaik
yang ada dalam bidang pendidikan;
5. berkontribusi terhadap
pengukuran peningkatan keberhasilan peserta didik dalam belajarnya;
6. membuat guru secara intelektual terhubung dengan ide- ide dan sumberdaya yang ada;
6. membuat guru secara intelektual terhubung dengan ide- ide dan sumberdaya yang ada;
7.
menyediakan waktu yang cukup, dukungan dan
sumberdaya bagi guru agar mampu
menguasai isi materi belajadan pedagogi
serta mengintegrasikan dalam praktik- praktik pembelajaran sehari-hari;
8. didesain oleh
perwakilan dari mereka-mereka yang
akan berpartisipasi dalam
kegiatan PKB bekerjasama dengan para ahli dalam bidangnya;
9. mencakup
berbagai bentuk kegiatan
termasuk beberapa kegiatan yang
mungkin belum terpikirkan
sebelumnya sesuai dengan kondisi
dan kebutuhan saat itu.
Sumber :
BUKU 1 PEMBINAAN DAN
PENGEMBANGAN PROFESI GURU , PEDOMAN
PENGELOLAAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar