Rabu, 06 Juni 2012

CONTOH SOAL UJIAN AKHIR PLPG SD


Pilihan Ganda.
1.Ciri-ciri  khas guru  yang   mempunyai  tanggung   jawab pribadi yang tinggi, kecuali :
a. Mengerjakan    pekerjaan  yang   diberikan  kepadanya secara tuntas
b. Selalu berusaha menghasilkan yang terbaik
c. Merasa   bertanggung   jawab   atas  semua  yang dihasilkannya baik yang buruk atau yang jelek
d. Sering menyalahkan orang     lain dan kondisi, kalau ada hal-hal yang kurang tepat salah
2.Contoh   pribadi guru  yang melaksanakan   tugasnya   secara profesional, diantaranya :
a. Setiap hari datang ke sekolah selalu pagi
b. Melaksanakan peran guru sepanjang waktu
c. Membuat jurnal harian
d. Membimbing anak les
3.Makna dari Kode Etik guru Indonesia yang harus difahami guru, kecuali :
a. Sebagai himpunan nilai-nilai dan norma-norma profesi  guru
b. Sebagai  landasan   moral  dan  pedoman    tingkah   laku setiap guru dalam menunaikan tugas
kepribadiannya.
c. Pedoman  berperilaku  di  sekolah  dan  dalam  kehidupan sehari-hari di masyarakat
d. Merupakan alat yang amat penting untuk menuntut hak  profesional para anggota profesi
keguruan
4.Etos kerja yang perlu dipahamidan dijadikan budaya kerja bagi guru karena beberapa alasan,
kecuali :
a. Kerja itu rahmat, oleh karena itu guru perlu jiwa besar, pikiran luas, hati baik, sumber berkah,
suka cita, ikhlas, bersyukur
b. Kerja  itu amanah,   oleh  karena  itu  guru  harus  adil, benar, jujur, aman   terpercaya,
bertanggung    jawab, pembangun dan pengembang
c. Kerja  itu panggilan,  oleh  karena   itu guru  harus responsif,  ekspresif, unik,  khas,
berintegrasi, tumbuh menjadi bigger-higher, dan better.
d. Kerja  itu seni, oleh  karena   itu guru  harus  pandai bernyanyi, menari dan suka berpenampilan
indah
5.Beberapa   komitmen    yang   harus  dilaksanakan   secara berkelanjutan   oleh  guru  , berkaitan
dengan   gelar profesional yang disandangnya, kecuali :
 a. Selalu belajar  mengembangkan      pengetahuan    dari berbagai sumber
b. Mengembangkan kurikulum sesuai kemampuan
c. Selalu  memperhatikan    keragaman    latar belakan keluarga peserta didik
d. Memenuhi kebutuhan      individual dalam belajar di kelas maupun di area sekolah
6.  PAKEM merupakan singkatan dari :
a. Pembelajaran    Aktif, Kreatif,  Ekonomis    dan Menyenangkan
b. Pendidikan    Aktif, Kreatif  Efektif  dan Menyenagkan
c. Pembinaan    Aktif,  Kreatif, Efektif  dan Menyenangkan
d. Pembelajaran    Aktif,  Kreatif namun    tetap Efektif dalam suasana yang menyenagkan
7. Salah satu ciri PAKEM adalah      :
a. Dominan menggunakan metode ceramah
b. Sumer belajar utama adalah buku paket
c. Lingkungan sebagai sumer belajar
d. Pembelajaran erpusat pada guru
8. Salah   satu cri  pembelajaran   yang  erpusat  pada   guru adalah :
a. Siswa sktif
b. Guru menciptakan pembelajaran yang menantang
c. Jawaban siswa harus sama dengan guru
d. Metode pembelajaran ervariasi
9.  Pembelajaran    yang  erpusat  pada  guru   dapat mengakibatkan :
a. Motivasi belajar anak meningkat
b. Siswa kurang dapat bekerja sama
c. Guru menjadi kreatif
d. Pembelajaran bermakna
10. Hal   yang  harus  diperhatikan   dalam   melaksanakan PAKEM adalah :
a. Guru memahami anak secara perorangan
b. Memanfaatkan uku paket sebagai sumber belajar
c. Menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
d. Guru tidak memberikan umpan balik
11. Berikut ini adalah hal-hal yang harus    termasuk dalam abstrak, kecuali :
a. Tujuan penelitian
b. Metode penelitian
c. Daftar pustaka
d. Kesimpulan
12. hal  yang   penting  disampaikan    pada  latar  belakang masalah adalah :
a. Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran
b. Upaya apa yang pernah dilakukan
c. Apa   akibatnya  bila  masalah   itu tidak  segera diselesaikan
d. Semua benar
13. Pada  bagian   hasil  dan  pembahasan,     yang  perlu disampaikan secara rinci adalah :
a. Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan
b. Metode penelitian
c. Latar belakang masalah
d. Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan
14. Pada bagian kesimpulan harus menjawab :
a. Manfaat penelitian
b. Tujuan penelitian
c. Masalah penelitian
d. Metode penelitian
15. Lampiran penelitian meliputi :
a. RPP
b. Foto
c. Hasil Instrumen
d. Semua benar
16.  Penyusunan    RPP    merupakan    penjabaran   dari  silabus. Prinsip ini didasarkan pada teori :
a. Sitem
b. Belajar
c. Pembelajaran
d. Komunikasi
17. Standar  Kompetensi,    Kompetensi    Dasar  dan   Indikator digunakan  untuk   mengembangkan komponen silabus, kecuali :
a. Tujuan
b. Materi
c. Strategi
d. Evalusi
18.  Langkah  pertama  menyusun  RPP    sebelum mengembangkan komponen pokok RPP :
a. Menuliskan standar kompetensi
b. Mengidentifikasi identitas mata pelajaran
c. Menuliskan judul mata pelajaran
d. Mengidentifikasi materi pokok
 19. Bahan  ajar yang   ersifat  self  contained  (bahan   belajar mandiri)    dirancang   dengan
komponen   sistem pemelajaran, kecuali :
a. Tersedia petunjuk guru dan petunjuk siswa
b. Tersedia tujuan, materi, latihan dan formatif
c. Tersedia kunci jawaban dan umpan balik
d. Tersedia lembar jawaban
20. Lembar    Kerja   Siswa   (LKS)    dikembangkan  berdasarkan komponen di dalam silabus dan RPP :
a. Tujuan pembelajaran
b. Materi pembelajaran
c. Kegiatan belajar siswa
d. Strategi pembelajaran
21. Kalimat   yang   menunjukan     adanya   bilangan   kardinal adalah :
a. Rony  memperoleh  nilai tertinggi  dalam  tes matematika
b. Riana mempunyai tiga anjing
c. Rerata   nilai  UASBN  matematika    tahun   ajaran 201 1/2012 merupakan nilai terendah yang
dicapai SD Pesisir
d. Hanya siswa  dengan    nomor  tes   akhir  yang   tidak mendapat hadiah
22. Pendekatan spiral dalam pembelajaran matematika SD mengiindikasikan b ahwa   pembelajaran diberikan melalui :
a. Matematika horisontal
b. Matematika vertikal
c. Objek langsung matematika
d. Konteks yang dekat dengan anak
23. Pemelajaran     matematika    yang   menerapkan     konsep DAP merupakan pemelajaran yang
berpijak pada dua kesesuaian, yakni kesesuaian :
a. Objek langsung dan tidak langsung matematika
b. Matematika horisontal dan vertikal
c. Usia dan karakteristik individual
d. Pengetahuan konseptual dan prosedural
24. Pembelajaran     bilangan   dapat  diajarkan   dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk
a. Memandingkan banyak benda
b. Membilang benda secara bermakna
c. Memanipulasi     benda   yang   menunjukkan      banyak dan urutan benda
d. Membilang benda secara hapalan
25 Model yang tidak dapat digunakan untuk menjelaskan konsep operasi bilangan adalah :
a. Himpunan
b. Luas
c. Panjang
d. Volume
26. Yang dimaksud IPA sebagai pruduk adalah :
a. Kumpulan pengetahuan hasil temuan ahli IPA
b. Teknologi yang dikembangkan seagai hasil terapan IPA
c. Keterampilan yang lengkap mendapatkan IPA
d. Berbagai sikap ilmiah yang dikembangkan melalui telaah IPA
 27. Keterampilan komunikasi dapat dikembangkan dalam pembelajaran IPA melalui :
a. Menusun penelitian
b. Merumuskap hipotesis
c. Dapat membuat kesimpulan
d. Mengajukan hipotesis
28. Di Bawah ini yang  merupakan  sikap  ilmiah  yang dikembangkan  melalui  pembelajaran   IPA di  SD adalah :
a. Kemampuan prediksi
b. Menghargai pendapat teman
c. Dapat membuat kesimpulan
d. Mengajukan hipotesis
29. Alasan   pembelajaran   IPA  tak  cukup   hanya   diajarkan dengan ceramah :
a. Materi pembelajaran IPA di SD terlalu anyak
b. Pembelajaran IPA selalu harus dieksperimenkan
c. Selalu tersedia alat IPA yang memadai di sekolah
d. Tidak membelajarkan siswa keterampilan proses
30. Yang termasuk keterampilan proses menengah adalah :
a. Mengukur suatu besaran dengan alat ukur tertentu
b. Membandingkan satu objek dengan objek lain
c. Mengelompokkan berdasarkakriteria tertentu
d. Mengajukan prediksi atasberbagai kemungkinan
31. Yang dimaksud dengan IPA sebagai pruduk adalah :
a. Pemerolehan IPA melalui metode ilmiah
b. Konsep-konsep IPA hasil temuan ahli IPA
c. Produk-produk IPA seperti barang-barang teknologi
d. Sikap  ilmiah  yang   dikembangkan    melalui pembelajaran IPA
32. Salah satu contoh keterampilan proses IPA adalah :
a. Ingin sesuatu yang baru
b. Berfikir bebas
c. Disiplin
d. Komunikasi
33. Salah  satu  contoh  sikap  ilmiah  pada   pembelajaran   IPA adalah :
a. Bertanggung jawab
b. Melakukan eksperimen
c. Mengajukan hipotesis
d. Membuat kesimpulan
34. Keuntungan    pendekatan    keterampilan   proses  jika diterapkan pada pembelajaran IPA :
a. Berkembangnya jumlah pertanyaan pada anak
b. Guru tidak perlu terlalu aktif dalam mengajar
c. Alat yang digunakan tersedia di sekitar anak
d. Sekaligus dapat mengajarkan IPA sebagai produk
35. Lingkungan  tepat    digunakan   sebagai  media pembelajaran IPA di SD karena :
a. Lingkungan merupakan sumber belajar
b. Sesuai dengan objek pembelajaran IPA
c. Guru tidak perlu bersusah payah
d. Harganya sangat murah
36. Pembelajaran IPA sejalan dengan metode ilmiah adalah :
a. Anak diberi penjelasan semua konsep yang dipelajari
b. Anak diberi ceramah lalu melakukan percobaan
c. Anak dibiarkan untuk melakukan percobaan sendiri
d. Anak   melakukan   percobaan    lalu diajak menyimpulkan
37. Penerapan    prinsip   belajar  berkesinambungan      pada pembelajaran IPA adalah :
a. Belajar sepanjang hari
b. Belajar dengan pengamatan
c. Belajar dari contoh yang sulit terlebih dahulu
d. Belajar dari pengamatan baru kesimpulan
38. Melalui  kurikulum,  sekolah Dasar    telah mengajarkan Ilmu Pengetahuan Sosial, yang memiliki
tujuan agar :
a. Sedini  mungkin     peserta  didik  dapat  beradaptasi dalam kehidupannya
b. Mengenal    hakikat   pendidikan    Ilmu   Pendidikan Sosial
c. Dapat membentuk manusia bejiwa sosial
d. Memamhami hakikat kehidupan sosial
39. Perana Ilmu Pengetahuan Sosial diharapkan dapat :
a. Mendorong     peradaban    manusia    dalam kehidupannya
b. Memecahkan berbagai   maslah    kehidupan    yang dihadapinya
c. Menangani masalah sosial dalam kehidupan
d. Membentuk   anak  menjadi  anggota  masyarakat sosial
40. Fungsi Pendidikan Ilmu Sosial (IPS) dalam pandangan pendisikan dasar, yang pertama dan
utama adalah :
a. Membangun  fondasi   anak   sebagai  anggota masyarakat dan mkhlukindividu
b. Menyiapkan masyarakat didik dalam era global
c. Peletak  dasar   kesadaran   diri  para  siswa  sebagai makhluk individu (carracter building)
d. Melandasi    diri  anak  dengan   pengetahuan     tentang dunia beserta peradabannya.
41. Karakteristik mata p-elajaran Ilmu Pengetahuan Sosial  SD adalah   sebagai  mata   pelajaran yang   lebih mengarah pada :
a. Pembentukkan  karakter  (carracter  building)   sejak awal pendidikan dasar
b. Mengembangkan kepribadian sebagai anak bangsa yang memiliki derajat sama dalam kehidupan
c. Penyadaran    diri  sebagai  anggota  masyarakat      dan sebagai individu yang merdeka
d. Pembentukan  peserta   didik  dalam   lingkungannya, terhadap      berbagai   aktifitas  kehidupan
manusia sampai peradabannya.
42. DAP (Depelopmentally     Appropiate    Practice) merupakan     prinsip-prinsip   kesesuaian    dalam pendekatan    pembelajaran    yang   efektif.  Prinsip tersebut meliputi :
a. Usia, motivasi dan kebutuhan anak
b. Kebutuhan, kemampuan dan karakter anak
c. Perkembangan, motivasi dan usia anak
d. Perkembangan, kemampuan dan kebutuhan anak
43. Diperhatikan    dari  sifatnya  materi  Pendidikan  Ilmu Pengetahuan     Sosial  tergolong  sebagai pengetahuan yang :
a. Dinamis
b. Statis
c. Fleksibel
d. Normative
44. Pentingnya   sejak  usia  sekolah  dasar  diberikan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah
supaya:
a. Anak didik mengenal lingkungan hidup sekitarnya
b. Anak   didik  dspst menjadi anggota masyarakat  yang baik
c. Anak didik menguasai hakikat ilmu sosial
d. Anak   didik  dapat  beradaptasi  dengan   lingkungan tempat hidupnya
45. Makna  mendasar   dari  pengenalan   anak  didik  sebagai anggota masyarakat adalah sebagai
proses ?
a. Penyadaran   terhadap   keberadaan   dirinya  dalam lingkungan kehidupan
b. Penanaman nilai ilmu sosial kemasyarakatan
c. Transfer  ilmu  pengetahuan    dasar  tentang  hakikat ilmu sosial
d. Pendewasaan    dalam   mensikapi  kehidupan bermasyarakat
46. Menurut    Piaget perkembangan     moral  anak   usia  SD melalui dua tahap yaitu :
a. Heterogen dan homogen
b. Aouto dan introvet
c. Extrovet dan introvet
d. Auto nomous dan heteronomous
47. Pada saat anak telah menyadari bahwa aturan dan hukum diciptakan  manusia,  secara  prinsip dalam   pandangan ilmu    pendidikan,   berarti  anak tersebut  telah  memiliki tahap perkembangan :
a. Otonomi
b. Self direction
c. Aoutnomous
d. Heteronomous
48. Tokoh   perkembangan     moralitas  manusia   yang mengatakan     bahwa   anak   mengalami
penalaran   moral secara konvensional adalah :
a. Piaget
b. Kohlberg
c. Bandura
d. Ki Hajar Dewantoro
49. Pendidikan   Kewarganegaraan  disebut  juga  sebagai pendidikan untuk :
a. Carracter Building
b. Civil Education
c. Life Adjustment Education
d. self Awareness Education
50. Pendekatan    pembelajaran  yang    dipandang   sangat  tepat untuk  mengajarkan    Pendidikan
Kewarganegaraan      bagi anak usia SD kelas awal, diantaranya adalah :
a. selalu mengaitkan    materi  dengan   masalah kontekstual
b. pemberian   contoh   sebagai  upaya   ilustrasi  materi pembelajaran
c. disesuaikan  dengan  kebutuhan     anak  usia Sekolah Dasar
d. pembelajaran yang menyenangkan bagi anak
51. Selain  kita mengenal    semboyan    “Bhineka   Tunggal Ika”    sebenarnya   istilah itu dilengkapi
dengan semboyan “Tan Hana Darma Mangrwa”
Makna dari semboyan kedua adalah :
a. tidak ada pengorbanan yang kedua
b. tiada pengabdian yang mendua
c. tidak ada cita-cita ganda
d. tidak ada cita-cita untuk bercerai/hancur
52. Hak   azasi manusia   hampir  di  seluruh dunia  pada dasarnya masih terampas oleh pihak-pihak
yang selalu ingin  berbuat  serakan  dan  menindas,  sampai  pada akhirnya   ada  sebuah   deklarasi
sedunia  tentang pengakuan hak azasi tersebut yang dikenal dengan :
a. Piagam Magna Charta
b. Declaration of Indefendent
c. Universal Declaration of Human Right
d. United Nation of Human Right
53. Pak  Andi  seorang   guru menceritakan   cerita “Dewi Sri”   kemudian    guru menugaskan    siswa
membuat garis-garis   besar  cerita. Pada  kegiatan  ini siswa melakukan kegiatan :
a. Menyimak ekstensif
b. Menyimak kritis
c. Menyimak sekilas
d. Menyimak cepat
54. Pada  suatu  hari  Bu guru  Wati  menugaskan    murid-muridnya    masuk   ke  perpustakaan.  Lalu
meminta muridnya     membaca    buku  dan  melaporkan   apa  yang sudah   dibaca.  Jenis membaca
yang  dilakukan   oleh murid Bu Wati adalah :
a. Membaca pemahaman
b. Membaca indah
c. Membaca pustaka
d. Membaca cepat
55. Dalam   membaca    tehnik  yang  harus  diperhatikan adalah :
a. Penguasaan lafal, jeda, lagu dan intonasi
b. Pemahaman isi bacaan
c. Kecepatan pemahanan isi bacaan
d. Penguasaan struktur bahasa
56. Kompetensi  utama    yang  ingin  dicapai  dalam pembelajaran bahasa adalah :
a. Siswa menguasai kaidah-kaidah kebahasaan
b. Siswa menyenangi bahasa Indonesia
c. Siawa terampil berkomunikasi
d. Siswa mengagumi bahasa Indonesia
57. Pendekatan   yang  menekankan    pada  kompetensi berkomunikasi  pada  pembelajaran   bahasa adalah pendekatan :
a. Pendekatan keterampilan proses
b. Pendekatan komunikatif
c. Pendekatan whole language
d. Pendekatan pragmatik
58.Pendekatan Whole Language dalam pembelajaran bahasa  menekankan    pada pembelajaran
bahasa secara :
a. Utuh
b. Alamiah
c. Komunikatif
d. a dan b benar
59.”Siswa mampu memahami  informasi  yang  disampaikan secara    lisan’. Tujuan  pembelajaran
tersebut merupakan tujuan dari keterampilan berbahasa :
a. membaca
b. berbicara
c. menyimak
d. mendengarkan
60. Proses   belajar menulis  bersifat nonlinear, maksudnya adalah :
a.  menulis harus mulai dari teori
b.  dalam menulis praktek dulu teori belakangan
c.  kegiatan   menulis   dapat   dimulai   dari  yang disenangi siwa
d.  proses   menulis   tidak  harus   ada   urutan-urutan tertentu dari a-z
                                             Semoga bermanfaat !!
 SUMBER: www.nq99.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar