Pilihan Ganda.
1.Ciri-ciri khas
guru yang mempunyai
tanggung jawab pribadi yang
tinggi, kecuali :
a. Mengerjakan
pekerjaan yang diberikan
kepadanya secara tuntas
b. Selalu berusaha menghasilkan yang terbaik
c. Merasa
bertanggung jawab atas
semua yang dihasilkannya baik
yang buruk atau yang jelek
d. Sering menyalahkan orang lain dan kondisi, kalau ada hal-hal yang
kurang tepat salah
2.Contoh pribadi
guru yang melaksanakan tugasnya
secara profesional, diantaranya :
a. Setiap hari datang ke sekolah selalu pagi
b. Melaksanakan peran guru sepanjang waktu
c. Membuat jurnal harian
d. Membimbing anak les
3.Makna dari Kode Etik guru Indonesia yang harus difahami
guru, kecuali :
a. Sebagai himpunan nilai-nilai dan norma-norma profesi guru
b. Sebagai
landasan moral dan
pedoman tingkah laku setiap guru dalam menunaikan tugas
kepribadiannya.
c. Pedoman berperilaku di
sekolah dan dalam
kehidupan sehari-hari di masyarakat
d. Merupakan alat yang amat penting untuk menuntut hak profesional para anggota profesi
keguruan
4.Etos kerja yang perlu dipahamidan dijadikan budaya kerja
bagi guru karena beberapa alasan,
kecuali :
a. Kerja itu rahmat, oleh karena itu guru perlu jiwa besar,
pikiran luas, hati baik, sumber berkah,
suka cita, ikhlas, bersyukur
b. Kerja itu
amanah, oleh karena
itu guru harus
adil, benar, jujur, aman
terpercaya,
bertanggung jawab,
pembangun dan pengembang
c. Kerja itu
panggilan, oleh karena
itu guru harus responsif, ekspresif, unik, khas,
berintegrasi, tumbuh menjadi bigger-higher, dan better.
d. Kerja itu seni,
oleh karena itu guru
harus pandai bernyanyi, menari
dan suka berpenampilan
indah
5.Beberapa
komitmen yang harus
dilaksanakan secara berkelanjutan oleh
guru , berkaitan
dengan gelar
profesional yang disandangnya, kecuali :
a. Selalu
belajar mengembangkan pengetahuan dari berbagai sumber
b. Mengembangkan kurikulum sesuai kemampuan
c. Selalu
memperhatikan keragaman latar belakan keluarga peserta didik
d. Memenuhi kebutuhan
individual dalam belajar di kelas maupun di area sekolah
6. PAKEM merupakan
singkatan dari :
a. Pembelajaran
Aktif, Kreatif, Ekonomis dan Menyenangkan
b. Pendidikan
Aktif, Kreatif Efektif dan Menyenagkan
c. Pembinaan
Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
d. Pembelajaran
Aktif, Kreatif namun tetap Efektif dalam suasana yang
menyenagkan
7. Salah satu ciri PAKEM adalah :
a. Dominan menggunakan metode ceramah
b. Sumer belajar utama adalah buku paket
c. Lingkungan sebagai sumer belajar
d. Pembelajaran erpusat pada guru
8. Salah satu
cri pembelajaran yang
erpusat pada guru adalah :
a. Siswa sktif
b. Guru menciptakan pembelajaran yang menantang
c. Jawaban siswa harus sama dengan guru
d. Metode pembelajaran ervariasi
9. Pembelajaran yang
erpusat pada guru
dapat mengakibatkan :
a. Motivasi belajar anak meningkat
b. Siswa kurang dapat bekerja sama
c. Guru menjadi kreatif
d. Pembelajaran bermakna
10. Hal yang harus
diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah :
a. Guru memahami anak secara perorangan
b. Memanfaatkan uku paket sebagai sumber belajar
c. Menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
d. Guru tidak memberikan umpan balik
11. Berikut ini adalah hal-hal yang harus termasuk dalam abstrak, kecuali :
a. Tujuan penelitian
b. Metode penelitian
c. Daftar pustaka
d. Kesimpulan
12. hal yang penting
disampaikan pada latar
belakang masalah adalah :
a. Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran
b. Upaya apa yang pernah dilakukan
c. Apa
akibatnya bila masalah
itu tidak segera diselesaikan
d. Semua benar
13. Pada bagian hasil
dan pembahasan, yang
perlu disampaikan secara rinci adalah :
a. Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan
b. Metode penelitian
c. Latar belakang masalah
d. Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan
14. Pada bagian kesimpulan harus menjawab :
a. Manfaat penelitian
b. Tujuan penelitian
c. Masalah penelitian
d. Metode penelitian
15. Lampiran penelitian meliputi :
a. RPP
b. Foto
c. Hasil Instrumen
d. Semua benar
16. Penyusunan RPP
merupakan penjabaran dari
silabus. Prinsip ini didasarkan pada teori :
a. Sitem
b. Belajar
c. Pembelajaran
d. Komunikasi
17. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
dan Indikator digunakan untuk
mengembangkan komponen silabus, kecuali :
a. Tujuan
b. Materi
c. Strategi
d. Evalusi
18. Langkah pertama
menyusun RPP sebelum mengembangkan komponen pokok RPP :
a. Menuliskan standar kompetensi
b. Mengidentifikasi identitas mata pelajaran
c. Menuliskan judul mata pelajaran
d. Mengidentifikasi materi pokok
19. Bahan ajar yang
ersifat self contained
(bahan belajar mandiri) dirancang
dengan
komponen sistem
pemelajaran, kecuali :
a. Tersedia petunjuk guru dan petunjuk siswa
b. Tersedia tujuan, materi, latihan dan formatif
c. Tersedia kunci jawaban dan umpan balik
d. Tersedia lembar jawaban
20. Lembar
Kerja Siswa (LKS)
dikembangkan berdasarkan komponen
di dalam silabus dan RPP :
a. Tujuan pembelajaran
b. Materi pembelajaran
c. Kegiatan belajar siswa
d. Strategi pembelajaran
21. Kalimat
yang menunjukan adanya
bilangan kardinal adalah :
a. Rony memperoleh nilai tertinggi dalam
tes matematika
b. Riana mempunyai tiga anjing
c. Rerata nilai UASBN matematika
tahun ajaran 201 1/2012
merupakan nilai terendah yang
dicapai SD Pesisir
d. Hanya siswa
dengan nomor tes
akhir yang tidak mendapat hadiah
22. Pendekatan spiral dalam pembelajaran matematika SD
mengiindikasikan b ahwa pembelajaran diberikan
melalui :
a. Matematika horisontal
b. Matematika vertikal
c. Objek langsung matematika
d. Konteks yang dekat dengan anak
23. Pemelajaran matematika yang
menerapkan konsep DAP
merupakan pemelajaran yang
berpijak pada dua kesesuaian, yakni kesesuaian :
a. Objek langsung dan tidak langsung matematika
b. Matematika horisontal dan vertikal
c. Usia dan karakteristik individual
d. Pengetahuan konseptual dan prosedural
24. Pembelajaran
bilangan dapat diajarkan
dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk
a. Memandingkan banyak benda
b. Membilang benda secara bermakna
c. Memanipulasi
benda yang menunjukkan banyak dan urutan benda
d. Membilang benda secara hapalan
25 Model yang tidak dapat digunakan untuk menjelaskan konsep
operasi bilangan adalah :
a. Himpunan
b. Luas
c. Panjang
d. Volume
26. Yang dimaksud IPA sebagai pruduk adalah :
a. Kumpulan pengetahuan hasil temuan ahli IPA
b. Teknologi yang dikembangkan seagai hasil terapan IPA
c. Keterampilan yang lengkap mendapatkan IPA
d. Berbagai sikap ilmiah yang dikembangkan melalui telaah
IPA
27. Keterampilan
komunikasi dapat dikembangkan dalam pembelajaran IPA melalui :
a. Menusun penelitian
b. Merumuskap hipotesis
c. Dapat membuat kesimpulan
d. Mengajukan hipotesis
28. Di Bawah ini yang
merupakan sikap ilmiah
yang dikembangkan melalui pembelajaran IPA di
SD adalah :
a. Kemampuan prediksi
b. Menghargai pendapat teman
c. Dapat membuat kesimpulan
d. Mengajukan hipotesis
29. Alasan
pembelajaran IPA tak
cukup hanya diajarkan dengan ceramah :
a. Materi pembelajaran IPA di SD terlalu anyak
b. Pembelajaran IPA selalu harus dieksperimenkan
c. Selalu tersedia alat IPA yang memadai di sekolah
d. Tidak membelajarkan siswa keterampilan proses
30. Yang termasuk keterampilan proses menengah adalah :
a. Mengukur suatu besaran dengan alat ukur tertentu
b. Membandingkan satu objek dengan objek lain
c. Mengelompokkan berdasarkakriteria tertentu
d. Mengajukan prediksi atasberbagai kemungkinan
31. Yang dimaksud dengan IPA sebagai pruduk adalah :
a. Pemerolehan IPA melalui metode ilmiah
b. Konsep-konsep IPA hasil temuan ahli IPA
c. Produk-produk IPA seperti barang-barang teknologi
d. Sikap ilmiah yang
dikembangkan melalui
pembelajaran IPA
32. Salah satu contoh keterampilan proses IPA adalah :
a. Ingin sesuatu yang baru
b. Berfikir bebas
c. Disiplin
d. Komunikasi
33. Salah satu contoh
sikap ilmiah pada
pembelajaran IPA adalah :
a. Bertanggung jawab
b. Melakukan eksperimen
c. Mengajukan hipotesis
d. Membuat kesimpulan
34. Keuntungan
pendekatan keterampilan proses
jika diterapkan pada pembelajaran IPA :
a. Berkembangnya jumlah pertanyaan pada anak
b. Guru tidak perlu terlalu aktif dalam mengajar
c. Alat yang digunakan tersedia di sekitar anak
d. Sekaligus dapat mengajarkan IPA sebagai produk
35. Lingkungan
tepat digunakan sebagai
media pembelajaran IPA di SD karena :
a. Lingkungan merupakan sumber belajar
b. Sesuai dengan objek pembelajaran IPA
c. Guru tidak perlu bersusah payah
d. Harganya sangat murah
36. Pembelajaran IPA sejalan dengan metode ilmiah adalah :
a. Anak diberi penjelasan semua konsep yang dipelajari
b. Anak diberi ceramah lalu melakukan percobaan
c. Anak dibiarkan untuk melakukan percobaan sendiri
d. Anak melakukan percobaan
lalu diajak menyimpulkan
37. Penerapan
prinsip belajar berkesinambungan pada pembelajaran IPA adalah :
a. Belajar sepanjang hari
b. Belajar dengan pengamatan
c. Belajar dari contoh yang sulit terlebih dahulu
d. Belajar dari pengamatan baru kesimpulan
38. Melalui
kurikulum, sekolah Dasar telah mengajarkan Ilmu Pengetahuan Sosial,
yang memiliki
tujuan agar :
a. Sedini
mungkin peserta didik
dapat beradaptasi dalam kehidupannya
b. Mengenal
hakikat pendidikan Ilmu
Pendidikan Sosial
c. Dapat membentuk manusia bejiwa sosial
d. Memamhami hakikat kehidupan sosial
39. Perana Ilmu Pengetahuan Sosial diharapkan dapat :
a. Mendorong
peradaban manusia dalam kehidupannya
b. Memecahkan berbagai
maslah kehidupan yang dihadapinya
c. Menangani masalah sosial dalam kehidupan
d. Membentuk anak
menjadi anggota masyarakat sosial
40. Fungsi Pendidikan Ilmu Sosial (IPS) dalam pandangan
pendisikan dasar, yang pertama dan
utama adalah :
a. Membangun fondasi
anak sebagai anggota masyarakat dan mkhlukindividu
b. Menyiapkan masyarakat didik dalam era global
c. Peletak dasar kesadaran
diri para siswa
sebagai makhluk individu (carracter building)
d. Melandasi
diri anak dengan
pengetahuan tentang dunia
beserta peradabannya.
41. Karakteristik mata p-elajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD adalah
sebagai mata pelajaran yang lebih mengarah pada :
a. Pembentukkan karakter
(carracter building) sejak awal pendidikan dasar
b. Mengembangkan kepribadian sebagai anak bangsa yang
memiliki derajat sama dalam kehidupan
c. Penyadaran
diri sebagai anggota
masyarakat dan sebagai individu
yang merdeka
d. Pembentukan
peserta didik dalam
lingkungannya, terhadap
berbagai aktifitas kehidupan
manusia sampai peradabannya.
42. DAP (Depelopmentally
Appropiate Practice)
merupakan prinsip-prinsip kesesuaian
dalam pendekatan
pembelajaran yang efektif.
Prinsip tersebut meliputi :
a. Usia, motivasi dan kebutuhan anak
b. Kebutuhan, kemampuan dan karakter anak
c. Perkembangan, motivasi dan usia anak
d. Perkembangan, kemampuan dan kebutuhan anak
43. Diperhatikan
dari sifatnya materi
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
tergolong sebagai pengetahuan
yang :
a. Dinamis
b. Statis
c. Fleksibel
d. Normative
44. Pentingnya
sejak usia sekolah
dasar diberikan pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial adalah
supaya:
a. Anak didik mengenal lingkungan hidup sekitarnya
b. Anak didik dspst menjadi anggota masyarakat yang baik
c. Anak didik menguasai hakikat ilmu sosial
d. Anak didik dapat
beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya
45. Makna mendasar
dari pengenalan anak
didik sebagai anggota masyarakat
adalah sebagai
proses ?
a. Penyadaran
terhadap keberadaan dirinya
dalam lingkungan kehidupan
b. Penanaman nilai ilmu sosial kemasyarakatan
c. Transfer ilmu pengetahuan
dasar tentang hakikat ilmu sosial
d. Pendewasaan
dalam mensikapi kehidupan bermasyarakat
46. Menurut Piaget
perkembangan moral anak
usia SD melalui dua tahap yaitu :
a. Heterogen dan homogen
b. Aouto dan introvet
c. Extrovet dan introvet
d. Auto nomous dan heteronomous
47. Pada saat anak telah menyadari bahwa aturan dan hukum
diciptakan manusia, secara
prinsip dalam pandangan
ilmu pendidikan, berarti
anak tersebut telah memiliki tahap perkembangan :
a. Otonomi
b. Self direction
c. Aoutnomous
d. Heteronomous
48. Tokoh
perkembangan moralitas manusia
yang mengatakan bahwa anak
mengalami
penalaran moral
secara konvensional adalah :
a. Piaget
b. Kohlberg
c. Bandura
d. Ki Hajar Dewantoro
49. Pendidikan
Kewarganegaraan disebut juga
sebagai pendidikan untuk :
a. Carracter Building
b. Civil Education
c. Life Adjustment Education
d. self Awareness Education
50. Pendekatan
pembelajaran yang dipandang
sangat tepat untuk mengajarkan
Pendidikan
Kewarganegaraan
bagi anak usia SD kelas awal, diantaranya adalah :
a. selalu mengaitkan
materi dengan masalah kontekstual
b. pemberian contoh sebagai
upaya ilustrasi materi pembelajaran
c. disesuaikan
dengan kebutuhan anak
usia Sekolah Dasar
d. pembelajaran yang menyenangkan bagi anak
51. Selain kita
mengenal semboyan “Bhineka
Tunggal Ika” sebenarnya istilah itu dilengkapi
dengan semboyan “Tan Hana Darma Mangrwa”
Makna dari semboyan kedua adalah :
a. tidak ada pengorbanan yang kedua
b. tiada pengabdian yang mendua
c. tidak ada cita-cita ganda
d. tidak ada cita-cita untuk bercerai/hancur
52. Hak azasi
manusia hampir di
seluruh dunia pada dasarnya masih
terampas oleh pihak-pihak
yang selalu ingin
berbuat serakan dan
menindas, sampai pada akhirnya ada
sebuah deklarasi
sedunia tentang
pengakuan hak azasi tersebut yang dikenal dengan :
a. Piagam Magna Charta
b. Declaration of Indefendent
c. Universal Declaration of Human Right
d. United Nation of Human Right
53. Pak Andi seorang
guru menceritakan cerita “Dewi
Sri” kemudian guru menugaskan siswa
membuat garis-garis
besar cerita. Pada kegiatan
ini siswa melakukan kegiatan :
a. Menyimak ekstensif
b. Menyimak kritis
c. Menyimak sekilas
d. Menyimak cepat
54. Pada suatu hari
Bu guru Wati menugaskan
murid-muridnya masuk ke
perpustakaan. Lalu
meminta muridnya
membaca buku dan
melaporkan apa yang sudah
dibaca. Jenis membaca
yang dilakukan oleh murid Bu Wati adalah :
a. Membaca pemahaman
b. Membaca indah
c. Membaca pustaka
d. Membaca cepat
55. Dalam
membaca tehnik yang
harus diperhatikan adalah :
a. Penguasaan lafal, jeda, lagu dan intonasi
b. Pemahaman isi bacaan
c. Kecepatan pemahanan isi bacaan
d. Penguasaan struktur bahasa
56. Kompetensi
utama yang ingin
dicapai dalam pembelajaran bahasa
adalah :
a. Siswa menguasai kaidah-kaidah kebahasaan
b. Siswa menyenangi bahasa Indonesia
c. Siawa terampil berkomunikasi
d. Siswa mengagumi bahasa Indonesia
57. Pendekatan
yang menekankan pada
kompetensi berkomunikasi pada pembelajaran
bahasa adalah pendekatan :
a. Pendekatan keterampilan proses
b. Pendekatan komunikatif
c. Pendekatan whole language
d. Pendekatan pragmatik
58.Pendekatan Whole Language dalam pembelajaran bahasa menekankan
pada pembelajaran
bahasa secara :
a. Utuh
b. Alamiah
c. Komunikatif
d. a dan b benar
59.”Siswa mampu memahami informasi
yang disampaikan secara lisan’. Tujuan pembelajaran
tersebut merupakan tujuan dari keterampilan berbahasa :
a. membaca
b. berbicara
c. menyimak
d. mendengarkan
60. Proses belajar
menulis bersifat nonlinear, maksudnya
adalah :
a. menulis harus
mulai dari teori
b. dalam menulis
praktek dulu teori belakangan
c. kegiatan menulis
dapat dimulai dari
yang disenangi siwa
d. proses menulis
tidak harus ada
urutan-urutan tertentu dari a-z
Semoga bermanfaat !!
SUMBER: www.nq99.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar