Jumat, 03 Februari 2012

contoh : Soal Uji Kompetensi Guru Matematika SMA MA SMK

Soal Uji Kompetensi Guru Matematika SMA MA SMK
1. Misalkan dipunyai data nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur sebagai berikut. 80, 60, 70, 50, 70, 80, 70, 80, 70, 60, 60, 70, 80, 90, 40, 70, 90, 50, 90, 70. Mean nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah .....
a. 70 b. 80 c. 75 d. 85
2. Dengan data pada soal nomor 1 Modus nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah .....
a. 70 b. 80 c. 75 d. 85
3. Dengan data pada soal nomor 1 Median nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah .....
a. 70 b. 80 c. 75 d. 85
4. Dengan data pada soal nomor 1 kuartil ke-3 nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah .....
a. 75,5 b. 77,5 c. 85,7 d. 87,5
5. Dengan data pada soal nomor 1 rentang nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah .....
a. 40 b. 50 c. 55 d. 60
6. Dengan data pada soal nomor 1 simpangan baku nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah .....
a. 12,67 b. 12, 76 c. 13,76 d. 13,87
7. Dua puluh pelajar terdiri 12 puteri dan 8 putera. Rata-rata nilai matematika pelajar keseluruhan 80. Jika rata-rata nilai matematika pelajar puteri saja 75 , maka rata-rata nilai matematika pelajar putera adalah ....
a. 67.5 b. 77,7 c. 87,5 d. 89,5
8. Nilai UAN matematika sebanyak 30 siswa mempunyai rata-rata 80, jika nilai seorang siswa tidak diikutkan maka nilai rata-rata menjadi 81, berapa nilai siswa tersebut.
a. 47 b. 51 c. 63 d. 73
9. Rata-rata berat badan 50 anak 65 kg, jika ditambah dengan berat badan si Andi dan Narti maka rata-rata berat badan tetap 65, jika perbandingan berat badan Andi dan Narti 6:4, berapa berat badan Andi?
a. 67 b. 68 c. 77 d. 78

10. Berikut ini yang merupakan instrumen penelitian dalam PTK adalah ....
a. kisi-kisi soal tes
b. RPP
c. kamera untuk merekam kegiatan belajar siswa
d. LKS
11. Observasi terstruktur menggunakan instrumen observasi yang dengan aspek yang diamati ....
a. menggunakan lembar kosong untuk mencatat hal-hal penting
b. menggunakan alat perekam, misalnya kamera
c. tertulis pada pokok-pokok masalahnya saja
d. tertulis berdasar kerangka teoritis dan siap digunakan oleh pengamat
12. Dalam PTK keguanaan peneliti melakukan refleksi adalah ....
a. untuk menetapkan taraf keberhasilan atau kegagalan alternative tindakan.
b. dilaksanakan guna menentukan langkah lebih lanjut dalam rangka mencapai tujuan penelitian
c. untuk menganalisis kinerja pengamat
d. untuk memperbaiki hipotesis tindakan
13. Secara teknis refleksi dilakukan dengan pendekatan ....
a. jenis penelitian dan olah data
b. analitis, sintetis dan pendekatan berpikir induktif dan deduktif
c. individual dan kerjasama
d. aplikatif, analisis, dan eveluatif
14. Dalam rangka menetapkan langkah lanjutan untuk melaksanakan siklus berikutnya, hendaknya beberapa hal berikut dipertimbangkan, kecuali ....
a. kondisi saat pelaksanaan tindakan terdahulu dengan segala hasilnya
b. taraf peluang keberhasilan alternatif tindakan yang dipilih untuk siklus lanjutan
c. dukungan sarana dan prasarana yang diperlukan
d. pokok materi pelajaran yang dipilih harus sama dengan pokok materi pelajaran pada siklus sebelumnya
15. Salah satu teknik mengumpulkan data adalah dengan teknik wawancara. Yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan wawancara adalah ....
a. harus rileks
b. dilaksanakan di dalam kelas
c. tidak perlu rencana wawancara
d. memberi memotivasi belajar siswa
16. Tahapan dalam analsis data penelitian adalah ....
a. memeriksa hasil observasi, meringkas, menyajikan data
b. reduksi, pemaparan, dan penarikan kesimpulan
c. menyusun instrumen, mengambil data, menganalis data
d. merencanakan, melaksanakan, merekam data
17. Paparan data dapat dilakukan dengan tampilan dalam bentuk ....
a. rekaman dan catatan harian
b. instrumen, kamera, dan dokumentasi
c. narasi, grafik, tabel, dan matriks
d. skema, analisis data, dan pembahasan
18. Berkaitan dengan analisis data, penyimpulan merupakan proses pengambilan intisari atas ....
a. pelaksanaan observasi di kelas
b. sajian data yang telah dipaparkan ke dalam bentuk pertanyaan atau formula yang singkat, padat, tetapi mengandung pengertian luas.
c. refeksi terhadap apa yang telah dilakukan dan akan dilakukan
d. saran-saran yang akan diberikan
19. Teknik observasi klinis menggunakan tiga fase, yaitu ...
a. bertemu siswa di kelas, wawancara, dan merekam data
b. rencana pembuatan RPP, melaksankan pembelajaran, dan melakukan perbaikan
c. rencana membuat instrumen, mencobakan, dan merevisi
d. rapat perencanaan, observasi kelas, dan rapat umpan balik
20.Teknik penilaian yang cocok digunakan untuk menilai ranah psikomotor adalah
a. tes
b. proyek
c. produk
d. unjuk kerja
21. Alat yang digunakan untuk mengamati unjuk kerja siswa adalah
a. daftar hadir
b. daftar cek
c. dahtar nilai
d. presentasi
22. Berikut adalah teknik yang yang digunakan untuk menilai sikap siswa kecuali ...
a. pengamatan perilaku
b. pertanyaan langsung
c. laporan pribadi
d. tes lisan
23. Berikut adalah contoh-contoh kegiatan siswa dalam penilaian proyek matematika kecuali...
a. mengerjakan PR soal-soal yang ada di LKS
b. penelitian sederhana mengenai banyaknya kendaraan yang lewat di jalan raya dalam suatu waktu
c. Membuat karya ilmiah dipresentasikan
d. Melakukan kegiatan pengukuran dengan menggunakan alat klinometer
24. Penilaian produk dalam pembelajaran matematika yang sangat mendukung pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika adalah
a. pembuatan ringkasan matematika
b. pembuatan alat peraga matematika
c. pembuatan peta konsep matematika
d. pembuatan diagram alur matematika
25. Buatlah contoh soal matematika SMA yang mengukur suatu indikator dari kompetensi dasar tertentu mengenai aspek pemecahan masalah lengkap dengan kunci jawaban dan pedoman penskoran.

1. Tulislah teorema tentang garis tegak lurus bidang, kemudian buktikan teorema tersebut.
2. Proyeksi garis lurus pada bidang datar merupakan garis lurus. Buktikan.
3. Jelaskan relasi antara titik dan parabola.
4. Jelaskan operasi antara garis dan lingkaran.
5. Tulislah definisi obyek geometri berikut ini sebagai himpunan titik-titk pada suatu bidang datar.
a. Ruas garis AB.
b. Sudut
c. Segitiga
6. Buatlah contoh soal matematika SMA yang mengukur suatu indikator dari kompetensi dasar tertentu mengenai aspek pemecahan masalah lengkap dengan kunci jawaban dan pedoman penskoran
7. Tentukan panjang ketiga garis tinggi pada segitiga ABC, jika koordinat titik-titik sudutnya adalah A(2, 5), B (0,1), dan C( -3, 8).
8. Tentukanlah jenis irisan kerucut yang memiliki persamaan berikut ini kemudian lukislah grafiknya.
i. y2 = 16 + 4x2
ii. x2 – 2y = 0
9. Tentukanlah koordinat pusat dan puncak obyek geometri berikut ini, kemudian lukislah grafiknya.
1) 9x2 – 16y2 + 18x – 32y -151 = 0
2) x2 - y2 – 4x = 0
3) x2 – 2xy + 4y2 + x + y = 0
1. Misalnya judul penelitian: ”Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Peta Konsep pada Materi Pokok Fungsi Kuadrat di Kelas XI SMA Pepandaian Semarang.”
a. Apakah judul tersebut mencerminkan PTK? mengapa?
b. Tindakan apa yang tersirat dalam judul di atas? Tulislah contoh hipotesis tindakannya.
2. Tulislah sistematika laporan penelitian
3. a. Apa keterkaitan antara masalah penelitian dan simpulan?
b. Apa keterkaitan antara saran dan simpulan?
Sumber: Buku Materi PLPG UNNES 208

Tidak ada komentar:

Posting Komentar