Soal Test Uji Kompotensi Guru Penjas Orkes SD, Soal Uji Kompotensi Guru Penjas Orkes SD
Soal Pilihan Ganda
1. Prinsip evaluasi meliputi hal-hal sebagai berikut ini kecuali :
a. objektivitas
b. kontinuitas
c. integritas
d. keefektifan
2. Ciri-ciri evaluasi yang baik adalah :
a. keefektifan dan efisiensi
b. objektifitas dan integritas
c. keshahihan dan keandalan
d. komprehensif dan kooperatif
3. Pernyataan yang benar adalah :
a. kedua pernyataan di bawah salah
b. evaluasi acuan patokan unggul dalam pemaparan penguasaan tuntas
c. kekurangannya yakni pada patokan yang digunakan dan hal itu tergantung pada pertimbangan guru yang bersangkutan
d. pernyataan di atas semuanya benar
4. Pernyataan yang salah di bawah ini adalah :
a. antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelebihan
b. antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelemahan
c. pernyataan keduanya benar
d. pernyataan keduanya salah
5. Berikut ini pernyataan yang benar adalah :
a. mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
b. mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen
c. mutu evaluasi bergantung pada tes dan pengukuran
d. pernyataan a, b dan c salah
6. Berikut ini pernyataan yang benar adalah :
a. tes adalah awal dari evaluasi
b. tes adalah bagian dari pengukuran
c. tes adalah sebuah instrumen
d. ketiga pernyataan benar
7. Diantara bentuk soal berikut, mana yang paling menguntungkan untuk mengukur sasaran yang meminta siswa mengingat informasi, tidak hanya mengenalinya :
a. jawaban pendek
b. menjodohkan
c. benar salah
d. pilihan ganda
8. Diantara jenis soal ini, mana yang paling cocok untuk mengukur perilaku kreatif :
a. penilaian produk
b. benar salah
c. pilihan ganda
d. menjodohkan
9. Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal :
a. penilaian produk
b. benar salah
c. pilihan ganda
d. menjodohkan
10. Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu :
a. sudah diuji lapangan
b. absah
c. mahal
d. merupakan ukuran bakat
11. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
12. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup
13. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
14. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
15. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
16. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
17. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
18. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
19. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan
20. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
21. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
22. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
23. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
24. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
25. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan
26. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
27. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
28. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan
29. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
30. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi
penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
1. Jelaskan bahwa pendidikan jasmani bukan pendidikan untuk jasmani melainkan pendidikan melalui jasmani
2. Mengapa tarian sebagai kesenian dapat dipakai sebagai aktivitas pendidikan jasmani?
3. Apa yang dimaksud dengan kawasan-kawasan:
a. Organik
b. Motorik
4. Jelaskan pengaruh sikap dalam pembelajaran pendidikan jasmani
5. Jelaskan faktor yang mempengaruhi tingkat aktivitas anak dalam pendidikan jasmani
6. Jelaskan dampak positif dari pembelajaran pendidikan jasmani
7. Jelaskan proses pembelajaran pendidikan jasmani yang berbasis masalah gerak!
8. Jelaskan konsep pendidikan jasmani menurut Bart Crum!
9. Jelaskan maksud dari pendidikan jsmani adalah sistem hubungan individu dengan lingkungan!
10. Apa fungsi evaluasi secara psikologis ?
11. Apa alasannya statistika merupakan alat penting dalam proses pengukuran dan evaluasi ?
12. Pelaksanaan evaluasi bertitik tolak dari kooperatif, jelaskan maksudnya
13. Bagaimana langkah-langkah dalam mengidentifikasi masalah
14. Jelaskan empat langkah dalam siklus PTK
15. Sebutkan aspek-aspek yang dapat menggambarkan karakteristik suatu karya tulis ilmiahdan berikan penjelasan singkat untuk setiap aspek. Berdasarkan uraian itu, coba simpulkan karakteristik karya tulis ilmiah!
16. Secara umum, struktur sajian suatu karya tulis ilmiah terdiri dari bagian awal, inti, dan bagian penutup. Coba jelaskan deskripsi masing-masing bagian dan apa bedanya dengan struktur sajian karya non ilmiah?
17. Jelaskan mengapa abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel penelitian
18. Sebut dan jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
19. Carilah salah satu artikel hasil penelitian, telaah unsur-unsur yang terdapat pada artikel itu!
Sumber: Buku Materi PLPG UNNES 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar