Soal Tes Uji Kompetensi Guru Penjas SMA
1. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
2. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup
3. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
4. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
5. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
6. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
7. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
8. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
9. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan
10 Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
1. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
2. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
3. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
4. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
5. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan
6. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
7. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
8. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan
9. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
10. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
1. Jelaskan mengapa abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel penelitian
2. Sebut dan jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
3. Carilah salah satu artikel hasil penelitian, telaah unsur-unsur yang terdapat pada artikel itu!
4. Jelaskan bahwa pendidikan jasmani bukan pendidikan untuk jasmani melainkan pendidikan melalui jasmani
5. Mengapa tarian sebagai kesenian dapat dipakai sebagai aktivitas pendidikan jasmani?
6. Apa yang dimaksud dengan kawasan-kawasan:
a. organik
b. Motorik
7. Jelaskan pengaruh sikap dalam pembelajaran pendidikan jasmani
8. Jelaskan faktor yang mempengaruhi tingkat aktivitas anak dalam pendidikan jasmani
9. Jelaskan dampak positif dari pembelajaran pendidikan jasmani
10. Jelaskan proses pembelajaran pendidikan jasmani yang berbasis masalah gerak!
11. Jelaskan konsep pendidikan jasmani menurut Bart Crum!
12. Jelaskan maksud dari pendidikan jsmani adalah sistem hubungan individu dengan lingkungan!
13. Jelaskan apa cirri-ciri suatu interaksi edukatif!
14. Jelaskan peran guru dalam pembelajaran !
15. Apa yang dimaksud dengan pembelajaran inovatif?
16. Jelaskan tujuan yang harus dicapai dalam pendidikan jasmani!
17. Jelaskan apa yang dimaksud dengan model pembelajaran dan model pembelajaran inovatif!
18. Jelaskan beberapa bentuk penyajian materi pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pengembangan model pembelajaran inovatif
19. Jelaskan bagaimana anda mendapat suatu permasalahan dalam pembelajaran!
20. Bagaimana anda membuat prioritas suatu masalah?
21. Apa yang harus dilakukan oleh guru pendidikan jasmani dalam menyelesaikan suatu masalah dalam pembelajaran?
22. Jelaskan mengapa enjoyment penting dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di sekolah!
23. Jelaskan apa perbedaan motivasi intrinsic dan ekstrinsik dalam meningkatkan motivasi!
24. Menurut anda apakah unsur kesenangan/enjoyment dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif? Jelaskan!
25. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyusun suatu RPP pembelajaran inovatif?
26. Dari contoh RPP di atas, apakah dapat disebut sebagai pembelajaran yang inovatif? Jelaskan!
27. Sebutkan metode atau inovasi lain yang dapat diterapkan pada pembelajaran siswa SMA kelas II dan III
28. Jelaskan arti media dan arti media pembelajaran!
29. Apakah fungsi media dalam proses komunikasi? Jelaskan
30. Mengapa media dapat mencegah atau mengurangi hambatan yang mungkin timbul dalam proses pembelajaran? Jelaskan
31. Sebutkan secara rinci fungsi media pembelajaran dan beri contoh.
32. Jelaskan arti ”teknologi dalam pendidikan” kaitannya dengan pemanfaatan media dalam pembelajaran?
33. Jelaskan bahwa dengan wawasan teknologi pembelajaran berarti mendorong para guru untuk memanfaatkan media pembelajaran!
34. Jelaskan bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian pemilihan media dengan karakteristik siswa akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Beri contoh!
35. Jelaskan minimal tiga prinsip dalam menggunakan media pembelajaran.
36. Jelaskan kelebihan dan kelemahan media audio!
37. Bandingkan penggunaan radio dan rekaman sebagai media pembelajaran! Mana yang lebih menguntungkan?
Sumber : Buku Materi PLPG Unnes 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar