Jumat, 03 Februari 2012

contoh : Soal Uji Kompetensi Guru Bahasa Indonesia SMA

Soal Uji Kompetensi Guru Bahasa Indonesia SMA
1. Model , metode, dan teknik membaca apakah yang dapat digunakan untuk membaca cepat teks nonsastra? Jelaskan cara menerapkannya!
2. Model , metode, dan teknik membaca apakah yang dapat digunakan untuk membaca memindai buku? Jelaskan cara menerapkannya!
3. Model , metode, dan teknik membaca apakah yang dapat digunakan untuk membaca memindai grafik? Jelaskan cara menerapkannya!
4. Model , metode, dan teknik membaca apakah yang dapat digunakan untuk membaca pemahaman teks sastra? Jelaskan cara menerapkannya!
5. Model , metode, dan teknik membaca apakah yang dapat digunakan untuk membaca kritis teks sastra? Jelaskan cara menerapkannya!
6. Model , metode, dan teknik membaca apakah yang dapat digunakan untuk membaca pparagrafaf? Jelaskan cara menerapkannya!
7. Model , metode, dan teknik membaca apakah yang dapat digunakan untuk membaca artikel? Jelaskan cara menerapkannya!
8. Model , metode, dan teknik membaca apakah yang dapat digunakan untuk membaca buku biografi? Jelaskan cara menerapkannya!
9. Jelaskan ciri-ciri puisi!
10. Jelaskan unsur-unsur puisi!
11. Jelaskan pengertian drama sebagai karya dalam dua dimensi!
12. Jelaskan unsur-unsur drama dalam dimensi sastra!
13. Kemukakan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan penilaian kelas!
14. Kemukakan dan jelaskan manfaat penilaian kelas!
15. Kemukakan dan jelaskan fungsi penilaian kelas!
16. Coba Anda kemukakan dan jelaskan kriteria penilaian kelas!
17. Coba jelaskan prinsip-prinsip penilaian kelas!
18. Jelaskan ranah yang dinilai dalam penilaian kelas!
19. Jelaskan bagaimana pelaksanaan penilaian kelas!
20. Jelaskan teknik-teknik penilaian yang dapat digunakan untuk penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA/MA!
21. Sebutkan salah satu tes keterampilan berbicara yang dapat menghemat waktu pelaksanaannya?
22. Buatlah salah satu bentuk daftar cek yang berisikan skill-skill yang menurut anda layak dikuasai oleh siswa setelah tamat kelas XII SMA/MA?
23. Dari beberapa tes pengetahuan dan sikap, cara mana yang menurut anda paling cocok buat anda sendiri?
24. Selain bentuk yang sudah diuraikan di atas, coba anda diskusikan salah satu bentuk tes pengetahuan dan sikap yang berhubungan dengan materi kesegaran jasmani? Perhatikan pelaksanaan tes tersebut harus menghemat waktu!
25. Jelaskan cara-cara yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data informasi hasil belajar Bahasa dan Sastra Indonesia peserta didik di SMA?
26. Jelaskan bagaimana cara pengolahan data cara-cara penilaian berikut ini.
a. tertulis,
b. lisan,
c. unjuk kerja,
d. produk,
e. porfolio,
f. observas, dan .
g. penilaian diri
27. Jelaskan apa saja yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM!
28. Jelaskan bagaimana seorang anak dikatakan telah menuntaskan hasil belajar KD!
29. Sebutkan aspek-aspek yang dapat menggambarkan karakteristik suatu karya tulis ilmiahdan berikan penjelasan singkat untuk setiap aspek. Berdasarkan uraian itu, coba simpulkan karakteristik karya tulis ilmiah!
30. Secara umum, struktur sajian suatu karya tulis ilmiah terdiri dari bagian awal, inti, dan bagian penutup. Coba jelaskan deskripsi masing-masing bagian dan apa bedanya dengan struktur sajian karya non ilmiah?
31. Jelaskan mengapa abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel penelitian
32. Sebut dan jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
Sumber : Buku Materi PLPG UNNES 2008

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar