Kamis, 02 Februari 2012

contoh : Soal Tes Kompetensi Guru Profesional untuk Guru TK

Soal Tes Kompetensi Guru Profesional untuk Guru TK
SOAL PILIHAN GANDA
1. Perkembangan motorik adalah
A. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh
B. Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
C. Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot
D. Hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak
2. Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah
A. Cerebral cortex
B. Batang otak
C. Cerebellum
D. Basal ganglia
3. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit)
B. Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan
4. Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun
A. Melompat-lompat dengan kaki bergantian
B. Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir
C. Melompati parit
D. Melompat dengan satu kaki
5. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
A. Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
B. Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
C. Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
D. Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
6. Perkembangan sosial adalah \
A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak
D. Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial
7. Proses sosialisasi adalah
A. Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial
C. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial
D. Belajar berperilaku yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima
8. Bagaimanakah gambaran orang yang sosial?
A. Orang yang menginginkan kehadiran orang lain
B. Orang yang kesepian jika berada seorang diri di suatu tempat
C. Orang yang merasa puas semata-mata karena berada bersama orang lain
D. Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi
9. Mengapa keluarga mempunyai peran penting dalam proses
sosialisasi anak?
1. Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama
1. Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya
1. Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya
1. Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap
10. Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter
11. Emosi menurut Goleman adalah
A. Perasaan yang ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
B. Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih
C. Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak tampak
D. Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak
12. Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai
A. Pengaturan (regulation)
B. Komunikasi (communication)
C. Kelangsungan hidup (survival)
D. Penyesuaian diri (adaptation)
13. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
A. Faktor keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan dan pendidikan
C. Faktor kematangan dan belajar
D. Faktor intelektual dan sosial
14. Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami emosi
A. Marah
B. Gembira atau senang
C. Sedih
D. Takut
15. Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia
A. 5 tahun
B. 5 tahun 6 bulan
C. 4 tahun
D. 4 tahun 6 bulan
16. Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut
A. Strukturalisme
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Progressivisme
17. Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan
A. Praoperasional
B. Formal operasional
C. Konkrit operasional
D. Sensorimotor
18. Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah
a. Ekuilibrium
b. Akomodasi
c. Adaptasi
d. Asimilasi
19. Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia
A. 4-5 tahun
B. 2-3 tahun
C. 3-4 tahun
D. 5-6 tahun
20. Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah
A. Mengajar membaca, menulis dan berhitung
B. Memberi kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran
C. Memberikan pekerjaan rumah agar anak dapat belajar di rumah
D. Memberi pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar
21. Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?
A. Mendengarkan orang dewasa berbicara
B. Meniru ucapan orang dewasa
C. Memperhatikan muka orang dewasa dan menanggapi dengan bahasa mereka
D. Bermain-main dengan bunyi (mengoceh)
22. Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah
A. Morfologi
B. Fonologi
C. Semantik
D. Pragmatik
23. Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah
a. Susunan kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat
b. Suatu pengertian yang mengacu pada susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata
c. Suatu sistem aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata
d. Berkaitan dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan susunan suku kata
24. Teori yang menyatakan bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah
A. Sosiokultural
B. Genetik
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik
25. Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap perkembangan anak adalah
A. Membuat lingkungan yang saling asuh
B. Pembelajaran untuk membantu perkembangan dan belajar anak
C. Menyusun kurikulum yang sesuai
D. Memacu perkembangan anak dengan memberikan pelajaran baca dan menulis
26. Yang tidak termasuk kreativitas adalah
A. Kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya
B. Dapat berupa kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman Cara berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur, dan linier Cara berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik, multidimensional, dan human
C. Salah satu unsur kreativitas adalah Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain berpikir Mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawaban dalam menghadapi persoalan Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat prosedural/metodologis
27. Pengembangan kreativitas akan berhasil jika
1. Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini berorientasi pada pelajaran membaca, menulis, dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan
B. Membebani belahan otak kiri pada anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat akademis
C. Pembelajaran pada anak usia dini dilaksankan secara seimbang dan harmonis dalam mengembangkan kedua belahan otak
D. Pembelajaran anak usia dini kurang memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi
28. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kepribadian kreatif adalah
A. Mempunyai kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi juga bisa tenang dan rileks, bergantung pada situasinya
B. Mempunyai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah
C. Sangat bersemangat (passionate) bila menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat objektif dalam penilaian karyanya
D. Sikap keterbukaan dan sensitivitas sering membuatnya menderita jika mendapat banyak kritik dan serangan terhadap hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga merasakan kegembiraan yang luar biasa
29. Yang tidak termasuk dalam strategi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah
A. Pribadi
B. Proses
C. Pendorong
D. Prosedur

SOAL URAIAN
1. Jelaskan apa hakikat anak usia dini?
2. Jelaskan makna pendidikan anak usia dini?
3. Sebutkan dan jelaskan fungsi pendidikan anak usia dini?
4. Apa yang dimaksud dengan otoaktivitas? Dan menurut anda bagaimana memunculkan otoaktivitas pada anak!
5. Mengapa pendidikan anak usia dini mengembangakan fungsi panca indra?
6. Menurut pendapat anda prinsip apa saja yang paling mendasar dalam memberikan kegiatan dalam pembelajaran anak usia dini?
7. Apa yang dimaksud belajar dalam pendidikan anak usia dini?
8. Jelaskan pengembangan kurikulum yang dapat diberikan pada pendidikan anak usia dini?
9. Sebutkan dan Jelaskan metode pembelajaran yang dapat diberikan untuk anak usia dini?
10. Jelaskan pandangan dasar yang dikemukakan oleh Pestalozzi, Frobel dan Jan Lighthart?
11. Menurut pendapat anda apa perbedaan dan persamaan sistem pengajaran dari ketiga tokoh tersebut?
12. Jelaskan suasana yang harus diciptakan dalam pengajaran Frobel, serta berikan contoh kongkritnya?
13. Konsep dasar apa yang dikembangkan pada pengajaran barang sesungguhnya yang dikemukakan oleh Jan Lighthart?
14. Sebutkan dan jelaskan persamaan dan perbedaan model pengajaran Montessori, Helen Parkhust, dan John Dewey?
15. Jelaskan apa yang dimaksud dengan masa peka?
16. Apa yang dimaksud dengan kebebasan dalam model pengajaran Montessori?
17. Apa yang dimaksud dengan ‘learning by doing’?
18. Menurut pendapat anda mengapa dalam pengajaran Montessori, panca indra merupakan pintu gerbang masuknya pengetahuan?
19. Sebutkan dan jelaskan persamaan dan perbedaan model pembelajaran Kilpatrick dan Decroly?
20. Menurut pendapat anda model pengajaran simbiotis sama dengan barang sesungguhnya atau tidak? Berikan alasannya!
21. Menurut pendapat anda anak usia dini dapat diberikan pengenalan membaca, menulis, serta berhitung permulaan?
22. Apa yang dimaksud dengan keterkaitan dalam model pengajaran Decroly?
23. Berikan contoh kongkrit dari bentuk pengajaran proyek Kilpatrick?
24. Jelaskan secara singkat inti dari proses sosialisasi! Beri contoh!
25. Jelaskan secara singkat faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri dengan tuntutan sosial pada anak usia dini!
26. Jelaskan tentang peran keluarga dalam proses sosialisasi!
27. Menurut Anda, gaya pengasuhan yang mana yang paling tepat digunakan didalam keluarga untuk dapat mengembangkan kompetensi sosial anak usia dini?
28. Mengapa guru TK perlu memahami perkembangan emosi anak usia dini? Jelaskan secara singkat dan beri contoh!
29. Bagaimanakah cara mengetahui anak yang sedang gembira dan sedih? Jelaskan dan beri contoh!
30. Bagaimanakah cara menangani anak yang sedang marah karena diganggu oleh temannya? Jelaskan dan beri contoh!
31. Bagaimanakan perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun? Jelaskan dan beri contoh!
32. Bagaimanakah sebaiknya orangtua melatih anak untuk mengembangkan bahasa anak sejak dini? Jelaskan dan beri contoh!
33. Mengapa kreativitas perlu dikembangkan? Jelaskan dan beri contoh!
34. Bagaimanakah cara mengembangkan kreativitas anak? Jelaskan dan beri contoh!
Sumber : PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2008 TAMAN KANAK-KANAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar