Jumat, 03 Februari 2012

contoh : Soal Uji Kompetensi Guru Akuntansi

Soal Uji Kompetensi Guru Akuntansi
1. Berikut ini adalah jaringan prosedur yang membentuk sistem penjualan kredit, kecuali:
a. Prosedur order penjualan
b. Prosedur persetujuan kredit
c. Prosedur pengiriman barang
d. Prosedur penerimaan kas
2. Dalam pengelolaan order penjualan kredit, bagian penagihan berfungsi:
a. Memberikan otorisasi pemberian kredit kepada langganan.
b. Menerima order dari pembeli, mengisi faktur penjualan tunai dan menyerahkan faktur tersebut kepada bagian kassa via pembeli.
c. Melakukan pencatatan berdasarkan faktur penjualan dan dokumen pendukungnya.
d. Membuat dan mengirimkan faktur penjualan kepada pelanggan,serta menyediakan copy faktur untuk kepentingan pencatatantransaksi penjualan oleh bagian akuntansi.
3. Laporan yang dipakai sebagai dasar untuk menentukan daerah penjalan mana yang membutuhkan perhatian khusus adalah
a. Account receivable aging schedule
b. Profitability analysis
c. Sales analysis
d. Cash budget
4. Bukti yang dipakai sebagai dasar untuk mencatat transaksi penjualan ke dalam jurnal penjualan adalah:
a. Purchase order
b. Sales order
c. Shipping notice
d. Sales invoice
5. Picking tiket digunakan untuk
a. mengirim barang
b. menagih
c. membuat faktur
d. mengambil barang dari gudang
6. Dokumen yang dikirimkan bersama-sama dengan barang disebut:
a. Picking tiket
b. socket
c. packing slip
d. purchase requisition
7. Berikut ini adalah dokumen yang digunakan dalam penjualan kredit, kecuali:
a. Sales order
b. Shipping notice
c. Remittance advice
d. Sales invoice
8. Laporan berikut ini adalah contoh laporan khusus siklus pendapatan, kecuali:
a. Aged account receivable trial balance
b. Remittance list
c. Cash requirement report
d. Sales analysis report
9. Surat order penjualan biasanya dibuat oleh
a. Bagian pembelian
b. Bagian penjualan
c. Bagian penerimaan barang
d. Bagian gudang
10. Faktur penjualan biasanya dibuat oleh
a. Bagian penerimaan kas
b. Bagian kredit
c. Bagian penagihan
d. Bagian gudang
11. Tunjukkan salah satu prinsip yang tidak boleh diterapkan guru dalam berinovasi, yaitu:
a. metode tidak boleh mengganggu komitmen mengajar;
b. pengumpulan data yang dapat menambah waktu guru;
c. metodologi menyesuaikan dengan situasi kelas;
d. masalah sendiri di kelas;
e. fokus terhadap kegiatan (semua komponen).
12. Salah satu tahap yang tidak termasuk dalam model pembelajaran latihan penelitian adalah
a. Menghadapkan masalah;
b. Penyajian data;
c. Mencari dan mengkaji data;
d. Eksperimen dan mengkaji data;
e. Penarikan kesimpulan dan rekomendasi.
13. Tahap-tahap model pembelajaran sinektiks yang dapat dilakukan guru adalah (1) mendiskripsikan kondisi saat ini, (2) Proses analogi personal, (3) proses analogi langsung, (4) Analisis konflik, (5) Analisis langsung lanjut, (6) Kajian tugas. Tunjukkan tata urutan tahap-tahap model pembelajaran sinektiks yang benar. Adapun tata urutan model pembelajaran sinektiks yang benar adalah:
a. Tahap (1), (2), (3), (4), (5), dan (6).
b. Tahap (1), (3), (2), (4), (5), dan (6).
c. Tahap (1), (5), (2), (3), (4), dan (6).
d. Tahap (1), (5), (4), (3), (2), dan (6).
e. Tahap (1), (2), (5), (4), (3), dan (6).
14. Tahap-tahap model pembelajaran pertemuan kelas dapat dilakukan guru adalah (1) menciptakan suasana yang baik, (2) membuat nilai keputusan personal, (3) menyajikan masalah, (4) mengidentifikasi pilihan tindakan, (5) memberi komentar, (6) menetapkan tindak lanjut. Tunjukkan tata urutan tahap-tahap model pembelajaran pertemuan kelas yang benar. Adapun tata urutan model pembelajaran pertemuan kelas yang benar adalah:
a. Tahap (1), (2), (3), (4), (5), dan (6).
b. Tahap (1), (3), (2), (4), (5), dan (6).
c. Tahap (1), (5), (2), (3), (4), dan (6).
d. Tahap (1), (5), (4), (3), (2), dan (6).
e. Tahap (1), (2), (5), (4), (3), dan (6).
15. Tahap-tahap model pembelajaran penelitian juresprudential dapat dilakukan guru adalah (1) orientasi kasus, (2) penetapan posisi, (3) identifikasi masalah, (4) contoh dan argumentasi, (5) penyajian posisi, (6) pengetesan asumsi. Tunjukkan tata urutan tahap-tahap model pembelajaran penelitian juresprudential yang benar. Adapun tata urutan model pembelajaran penelitian juresprudential yang benar adalah:
a. Tahap (1), (2), (3), (4), (5), dan (6).
b. Tahap (1), (3), (2), (4), (5), dan (6).
c. Tahap (1), (5), (2), (3), (4), dan (6).
d. Tahap (1), (5), (4), (3), (2), dan (6).
e. Tahap (1), (2), (5), (4), (3), dan (6).
16. Media yang berkaitan dengan indera pendengaran adalah :
a. Transparansi
b. Laboratorium Bahasa
c. Mikrofis
d. Flanel Board
17. Dari sisi kesiapan pengadaannya, media dikelompokkan menjadi :
a. Media asli dan media tiruan
b. Media jadi dan media rancangan
c. Media material dan media audio
d. Media visual dan media audiovisual
18. Di bawah ini adalah penyebab guru memilih media, kecuali :
a. Dapat mendemonstrasikan
b. Familier (terbiasa) dengan media
c. Dapat menjelaskan lebih konkret
d. Menghemat bicara
19. Di bawah ini yang tidak termasuk sumber belajar adalah :
a. Papan tulis
b. Guru
c. Media
d. Buku
20. Di bawah ini dapat mengambarkan pengertian media kecuali
a. Saluran penyampai pesan
b. Instrumen yang dapat merangsang siswa untuk belajar
c. Siswa dalam belajar perlu hiburan
d. Alat untuk menambah perhatian dan minat siswa untuk belajar
21. Dalam pelajaran ekonomi, untuk menerangkan data pertumbuhan penduduk, sangat cocok menggunakan media di bawah ini, kecuali :
a. Globe
b. Grafik
c. Diagram
d. Tabel/bagan
22. Ahli yang mengembangkan media adalah di bawah ini, kecuali :
a. J.B. Say
b. AECT
c. Gagn
d. Brigs
23. Yang termasuk media paling gampang dibuat oleh guru, tanpa menggunakan biaya adalah :
a. Kartun
b. Grafik
c. Transparansi
d. Sketsa
24. Apa yang sebaiknya diperhatikan dalam menyusun media :
a. Material yang mahal
b. Kecanggihan alat
c. Gampang dibuat
d. Aspek desain
25. Dalam rangka pemilihan media, hal yang paling perlu diperhatikan adalah :
a. Apakah harga bahan pembuatan media terjangkau
b. Apakah materi pelajaran yang mutakhir
c. Apakah relevan dengan tujuan pembelajaran
d. Apakah bisa dikomputerisasikan

1. Jelaskan bagian-bagian yang terlibat dalam pelaksanaan system penjualan yang dilaksanakan secara manual.
2. Uraikan urut-urutan kegiatan yang dilakukan oleh bagian penjualan dalam pengelolaan order penjualan.
3. Jelaskan aktivitas pengendalian dalam sistem penjualan kredit yang terkait dengan pengamanan aktiva dan catatan.
4. Jelaskan dokumen-dokumen yang digunakan dalam system penerimaan kas dari penjualan tunai yang dilaksanakan secara manual.
5. Inovasi pendidikan seperti yang dikemukakan para akhli tidak lain adalah: “the introduction a new idea, method or device in curriculum, educational administration, etc. Dari definisi ini dapat kita pahami mengenai pengertian inovasi pendidikan. Jelaskan apa yang dimaksud dengan inovasi pendidikan itu?
6. Pengertian-pengertian perubahan dan inovasi pendidikan memiliki cakupan luas dalam hubungannya dengan pencapaian tujuan-tujuan pendidikan. Perannya cukup signifikan jika dapat dikembangkan dan diaplikasikan dalam berbagai situasi pendidikan baik dalam setting formal maupun informal. Untuk itu jelaskan cakupan dan spectrum implementasi yang menyebabkan mengapa inovasi pendidikan harus menjadi salah satu aspek penting dalam pendidikan umumnya dan interaksi edukatif khususnya?
7. Inovasi pendidikan bukan merupakan hal baru di Indonesia, namun agar kita dapat memahami dengan baik persoalan inovasi pendidikan perlu dikaji kelemahan-kelemahan inovasi pendidikan yang ada selama ini. Salah satu kendala adalah akibat adanya sentralisasi pendidikan. Jelaskan mengapa hal ini dapat terjadi?
8. Ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah adalah guru. Guru harus mampu menjadi seorang inovator guna menemukan strategi atau metode yang efektif untuk mendidik. Inovasi yang dilakukan guru pada intinya berada dalam tatanan pembelajaran yang dilakukan di kelas. Kunci utama yang harus dipegang guru adalah bahwa setiap proses atau produk inovatif yang dilakukan dan dihasilkannya harus mengacu kepada kepentingan siswa. Oleh karena itu, agar guru mampu berinovasi memerlukan persyaratan tertentu, yaitu bagaimana mereka mampu mengembangkan kreatifitas. Jelaskan bagaimana caranya guru dapat mengembangkan kreativitasnya?
9. Berkaitan dengan kompetensi dasar (kompetensi pedagogi, profesional, kepribadian, dan sosial) yang harus dimiliki seorang guru, maka guru sebagai seorang inovator dituntut memiliki beberapa kemampuan. Sebut dan jelaskan kemampuan yang dimaksud?
10. Jelaskan dan gambarkan proses komunikasi yang gagal dan proses komunikasi yang berhasil dengan adanya peran media.
11. Berikan contoh media yang efektif dalam pembelajaran dengan mengambil tiga kompetensi dasar dari mata pelajaran yang Saudara ampu.

Kasus 1
Beikut data keuangan pada PD ‘JAYA’ selama bulan Juli 2002, dalam melakukan pencatata akan persediaan barang dagangannya PD’JAYA’ menggunakan metode fisik :
Juli 2 Dibeli dengan kredit barang dari Tk Anda Rp 2 juta
Juli 5 Dibeli barang dari Tk Suka Rp 5 juta syarat 3/10,n/30
Juli 7 Dijual barang kepada Tn Gumilang Rp 8 juta syarat 1/10,n/30
Juli 8 Diterima kembali barang yang telah dijual kepada Tn Ali karena rusak. Atas pengembalian tersebut dikirim nota kredit Rp 500 ribu
Juli 15 Dijual barang kepada Nn Rina Rp 7,5 juta syarat 1/10,n/40
Juli 20 Dibeli barang dariTk Aya Rp 3,6 juta syarat 5/10,n/30
Juli 22 Dikirim kembali barang yang dibeli dari Tk Aya karena rusak dengan menggunakan nota debebt Rp 1 juta. Atas pengembalian tersebuit diterima nota kredit
Juli 25 Dijual barang kepada Tn Adi Nugroho Rp 4,5 juta syarat 2/10,n/30
Juli 30 Dibeli barang dari Tk Suka Rp 8,3 juta syarat 2/10,n/30
Pertanyaan :
A. Catat dalam jurnal pembelian, penjualan dan jurnal umum.
B. Posting ke buku besar dan buku tambahan
Saldo utang per 1 juli :
Tk Anda Rp 1 juta
Tk Suka Rp 2 juta
Saldo Piutang per 1 Juli :
Tn Adi Nugroho Rp 2 juta
Tk Budi Rp 3 juta
Sumber: Buku Materi PLPG UNNES 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar