Kamis, 02 Februari 2012

contoh : Soal Uji Kompetensi Guru Seni Budaya

Soal Uji Kompetensi Guru Seni Budaya
1. Pendidikan seni multi kultural pada dasarnya diberikan kepada anak didik dalam usaha membantu mengatasi ………
a. masalah perbedaan sosial budaya
b. masalah selera seni
c. masalah kulrikulum sekolah
d. masalah apresiasi
2. Memberikan kebebasan siswa untuk berapresiasi dan berkreasi seni berdasar seni budayanya sendiri termasuk model pembelajaran inovatif yang berhubungan dengan ……………..
a. model pengenalan c. model perombakan
b. model pengamalan d. model campuran
3. Ketika guru mengajak menganalisis kondisi lingkungan siswa, guru tersebut akan menerapkan model pembelajaran ………….
a. pengamalan c. perombakan
b. pengenalan d. penjelajahan
4. Mengenalkan seni yang dimiliki berbagai daerah kepada siswa, berarti seorang guru menerapkan model pembelajaran …..
a. Perombakan c. Pengalaman
b. Pengenalan d. Perompakan
5. Kadang siswa merasa terlecehkan jika berkesenian menggunakan seni budayanya sendiri dalam pembelajaran di kelas. Hal ini karena guru tidak menerapkan model pembelajaran inovatif yang berhubungan dengan model pembelajaran ……..
a. analisis sintesis c. perombakan
b. pengamalan d. Pengenalan
6. Demokratisasi dalam pembelajaran kesenian dengan siswa diberikan kebebasan dalam berkesenian menggunakan bahan dan alat sendiri sesuai kondisi sosial budaya yang dianut siswa, termasuk mengikuti model pembelajaran……..
a. Pengembaraan c. Perombakan
b. Pengenalan d. Variasi
7. Kondisi yang tepat dalam menerapkan model pembelajaran inovatif pengamalan, jika kondisi kelas siswanya …………
a. hiterogen c. hortikultura
b. homogen d. multi homogen
8. Kadang-kadang guru dalam mengajarkan kesenian menerapkan model pembelajaran perombakan. Pengertian perombakan di sini adalah ……
a. menerapkan semangat demokratisasi dalam berkesenian
b. mengekang demokratisasi
c. seni yang sudah ada dirombak
d. membuat sensasi
9. Suatu pembelajaran yang memberikan apresiasi seni dari berbagai daerah dan etnis tertentu kepada anak didik, tidak mesti disukai setiap siswa. jika demikian berarti guru belum berhasil dalam menerapkan model pembelajaran ……..
a. Pengamalan c. Perombakan
b. Pengenalan d. Pengubahan
10. Pendidikan seni multi kultural mempunyai misi pendidikan……
a. martabat seni c. murni
b. nilai d. apresiasi
11. Dalam pendidikan seni budaya ada beberapa pendekatan yang bisa dipakai dalam proses pembelajaran kecuali. :
a. Pembelajaran seni melalui pendekatan ekspresi bebas
b. Pembelajaran seni melalui pendekatan diseiplin
c. Pembelajaran seni melalui pendekatan multikultural
d. Pembelajaran seni melalui pendekatan multidimensional
12. Metode pengajaran menggambar yang mengutamakan anak untuk terampil menggambar lambat laun dianggap tidak layak untuk dilakukan. Hal ini dipicu oleh beberapa faktor, kecuali :
a. Temuan berbagai studi tentang anak
b. Pengaruh pandangan Freud
c. Terjadinya gerakan pembaharuan dalam seni rupa
d. Kelompok yang menentang
13. Kurikulum yang tidak dirancang sebelumnya tetapi berkembang sesuai keinginan anak disebut :
a. emerging curriculum c. horisontal curricullum
b. vertical curricullum d. ekspress curriculum
14. Dua tokoh seni yang mendukung konsep pendekatan ekspresi bebas adalah :
a. Viktor Lowenfeld dan Herbert Read
b. Viktor Lowenfeld dan Eisner
c. Viktor Lowenfeld dan Freud
d. Herbert Read dan Eisner
15. Konsep pendidikan seni yang memberikan kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan emosinya adalah penting, tetapi juga tidak boleh mengabaikan kegiatan mempalajari ilmunya, disebut pendekatan:
a. Pendidikan ekspresi bebas
b. Pendidikan displin
c. Pendidikan multikultural
d. semuanya benar
16. Ada beberapa faktor yang melatar belakangi lahirnya pendekatan multikultural, diantaranya adalah :
a. Ketidakadilan dalam Masyarakat
b. Kebutuhan akan Identitas Diri
c. Keadaan Demografis yang Berubah
d. Semua benar
17. Ada tiga model dalam pembelajaran multikultural yaitu :
a. Model pengenalan, pengamalan, perombakan
b. Model pengenalan, penjiplakan, perombakan
c. Model pengenalan, observasi, perombakan
d. Semua salah
18. Cara untuk memperluas wawasan murid agar dapat memahami orang lain dan karya seni yang diciptakannya disebut :
a. Model perombakan
b. Model pengamalan
c. Model pengenalan
d. Model penjiplakan
19. Pembelajaran multikultural adalah model pembelajaran yang menekankan pada :
a. budaya
b. seni
c. seni budaya daerah lain
d. seni budaya daerah sendiri
20. Pendekatan ekspresi bebas adalah pendekatan :
a. ekspresi sebebas-bebasnya
b. ekspresi bebas tapi terikat
c. ekspresi bebas dengan panduan
d. ekspresi bebas dengan syarat




1. Jelaskan hakekat pendidikan seni di sekolah!
2. Mengapa pengembangan sensitivitas estetik penting sebagai bekal berapresiasi seni rupa?
3. Sebutkan beberapa bentuk pembelajaran apresiasi seni rupa sesuai dengan kurikulum yang berlaku sekarang!
4. Berikan contoh agar pembelajaran apresiasi seni rupa di sekolah dapat berhasil!
5. Dengan cara apa pengembangan kepekaan estetik siswa dapat dilaksanakan?
6. Mengapa tahapan deskripsi merupakan tahapan yang penting dalam mengapresiasi karya seni?
7. Dilihat dari bentuknya ada berapa jenis karya seni rupa? Berikan masing-masing contohnya!
8. Dilihat dari fungsinya seni rupa dapat dibedakan menjadi berapa? Berikan masing-masing contohnya!
9. Sebutkan beberapa contoh kegiatan apresiasi dalam pembelajaran seni rupa!
10. Jelaskan mengapa kegiatan apresiasi seni lebih baik ditindaklanjuti dengan penulisan hasil apresiasi?
11. Pengalaman estetik apa yang diperoleh siswa dalam menyelenggarakan kegiatan pameran?
12. Persiapan apa yang harus dilakukan oleh guru dalam mengajarkan apresiasi seni rupa kepada siswanya?
13. Jelaskan fungsi dan tujuan pendidikan seni di sekolah!
14. Mengapa kebutuhan berekspresi dan berkreasi pada anak sangat penting untuk dipenuhi dalam pendidikan seni?
15. Sebutkan beberapa pembelajaran praktik seni rupa yang memberikan peluang sebagai sarana berekspresi!
16. Berikan contoh-contoh karya-karya seni rupa nusantara yang memiliki keunikan dalam hal gagasan, bentuk, dan tekniknya!
17. Jelaskan fungsi akor dalam posisi terbuka dan akor dalam posisi tertutup!
18. Jelaskan jarak antara masing masing jenis suara!
19. Jelaskan dengan singkat bagaimanakah konsep dasar ekspresi bebas?
20. Jelaskan dengan singkat bagaimanakah penerapan pendekatan ekspresi bebas dalam pembelajaran seni tari?
21. Jelaskan dengan singkat bagaimanakah konsep pendidikan seni berbasis disiplin?
22. Bagaimanakah perbedaan antara pendekatan ekspresi bebas dengan pendekatan disiplin !
23. Jelaskan dengan singkat bagaimanakah konsep dasar pendekatan multikultural ?
Sumber : Buku Materi PLPG UNNES 2008

4 komentar: