Uji Kompetensi Guru Profesi Mapel Bahasa Indonesia SMP,Soal Uji Kompetensi Guru Bahasa Indonesia SMP
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
2. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
3. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
4. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
5. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan
6. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
7. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
8. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan
9. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
10. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
Soal Isian
1. Jelaskan mengapa abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel penelitian
2. Sebut dan jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
3. Carilah salah satu artikel hasil penelitian, telaah unsur-unsur yang terdapat pada artikel itu!
4. Perlu Anda pahami, apakah yang dimaksud silabus?
5. Prinsip apasajakah yang harus diperhatikan dalam mengembangkan silabus?
6. Langkah apasajakah yang Anda lakukan untuk mengembangkan silabus?
7. Susunlah silabus pembelajaran inovatif bahasa Indonesia aspek berbicara sastra!
8. Perlu Anda pahami, apakah yang dimaksud RPP inovatif?
9. Prinsip apasajakah yang harus diperhatikan dalam mengembangkan silabus?
10. Langkah apasajakah yang Anda lakukan untuk mengembangkan silabus?
11. Susunlah RPP pembelajaran inovatif bahasa Indonesia aspek menulis!
12. Kemukakan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan penilaian kelas!
13. Kemukakan dan jelaskan manfaat penilaian kelas!
14. Kemukakan dan jelaskan fungsi penilaian kelas!
15. Coba Anda kemukakan dan jelaskan kriteria penilaian kelas!
16. Coba jelaskan prinsip-prinsip penilaian kelas!
17. Jelaskan ranah yang dinilai dalam penilaian kelas!
18. Jelaskan bagaimana pelaksanaan penilaian kelas!
19. Jelaskan teknik-teknik penilaian yang dapat digunakan untuk penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP/MTs!
20. Sebutkan salah satu tes keterampilan berbicara yang dapat menghemat waktu pelaksanaannya?
21. Buatlah salah satu bentuk daftar cek yang berisikan skill-skill yang menurut anda layak dikuasai oleh siswa setelah kelas IX SMP/MTs?
22. Dari beberapa tes pengetahuan dan sikap, cara mana yang menurut anda paling cocok buat anda sendiri?
23. Selain bentuk yang sudah diuraikan di atas, coba anda diskusikan salah satu bentuk tes pengetahuan dan sikap yang berhubungan dengan materi kesegaran jasmani? Perhatikan pelaksanaan tes tersebut harus menghemat waktu!
24. Jelaskan cara-cara yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data informasi hasil belajar Bahasa dan Sastra Indonesia peserta didik di SMP?
25. Jelaskan bagaimana cara pengolahan data cara-cara penilaian berikut ini.
a. tertulis,
b. lisan,
c. unjuk kerja,
d. produk,
e. porfolio,
f. observas, dan .
g. penilaian diri
26. Jelaskan apa saja yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM!
27. Jelaskan bagaimana seorang anak dikatakan telah menuntaskan hasil belajar KD!
Sumber : Buku Materi PLPG UNNES2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar