Berikut ini contoh-contoh Soal
Uji Kompetensi Akhir PLPG yang dapat anda pelajari:
Soal Latihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
1. Berikan Judul penelitian tindakan kelas sesuai tema-tema PTK yang terkait dengan Siswa
berikut ini?
a. Masalah rendahnya motivasi belajar siswa
b. Masalah rendahnya partsisipasi siswa
c. Masalah banyaknya pelanggaran disiplin siswa
d. Masalah Kurangnya minat bertanya siswa
e. Masalah kemampuan mengemukakan pendapat
f. Masalah rendahnya kemampuan IT pada siswa.
g. Masalah rendahnya kegemaran membaca siswa
h. Masalah budaya pemborosan pada siswa
2. Berikan contoh judul PTK yang sesuai tema-tema PTK yang terkait dengan Guru berikut ini?
a. Masalah perilaku guru
b. Masalah pola hubungan guru dengan siswa yang kurang efektif
c. Masalah Model pelatihan Guru Bidang studi
d. Masalah kikirnya guru dalam memberi penghargaan
e. Masalah ketidak adilan guru dalam memberi perlakuan siswa.
f. Masalah rendahnya motivasi guru dalam melakukan perubahan
3. Berikan Judul penelitian sesuai Tema-tema PTK yang terkait dengan Proses Belajar
Mengajar?
a. Masalah metode pembelajaran yang tidak efektif
b. Masalah peningkatan partisipasi siswa dalam pbm.
c. Masalah model pengelolaan kelas
d. Masalah penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar
4. Berikan judul PTK yang sesuai Tema-tema PTK yang terkait dengan Sumber Belajar berikut
ini?
a. Masalah model pelayanan perpustakaan yang kurang efektif
b. Masalah Program IT (Komputer) di sekolah
c. Masalah Sarana prasarana kelas
d. Masalah media pembelajaran yang tidak memadai
e. Masalah keuangan yang tidak memadai.
5. Bagaimana Format penyusunan ”Proposal” PTK yang selama ini anda lakukan?
1. Judul, 2. Pendahuluan (Label, Rumusan masalah, Tujuan, Manfaat hasil), 3 Kajian Pustaka
(Kajian teori, kajian hasil Penelitian yang relevan), 4. Rancangan penelitian (penetapan
variabel dan indikator keberhasilan tindakan, sasarn pengumpulan data, cara dan instrumen
pengumpul data, rencana analisis data, rencana jadwal, anggaran dan tim peneliti) dan 5. daftar
pustaka.
6. Bagaimana format ”laporan hasil” penelitian PTK yang anda lakukan.
Judul, Abstrak, Kt pengantar, Daftar isi, daftar tabel, Bab 1 Pendahuluan (label, rumusan
masalah, tujuan, manfaat), Bab II Tinjauan pustaka dan pengajuan hipotesis, Bab III Metode
penelitian (seting penelitian/subyek tempat, waktu; Persiapan penelitian, siklus penelitian,
instrumen penlitian, teknik analisis, Baba IV Hasil penelitian (Siklus satu (pelaksanaan
tindakan, observasi, refleksi), siklus 2 dst dan bab V kesimpulan saran. Kemudian dilampiri
format pengamatan (check-list observation dan instrumen penilaian hasil belajar setelah
diberikan perlakuan pada responden (siswa).
7. Bagaimana Model Penilaian Mutu PTK yang anda lakukan.
Soal Latihan Pemahaman Metode Pembelajaran
1. Apa Beda pendekatan “materialistik” dengan pendekatan “humanistik” dalam PBM
2. Mengapa sasaran pembelajaran selalu meliputi 3 domain taksonomik
3. Apa hasil belajar ideal untuk domain kognitif dan apa proses belajar idealnya?
4. Apa hasil belajar ideal untuk domain afektif dan apa proses belajar idealnya?
5. Apa hasil belajar ideal untuk domain psikomotorik dan apa proses belajar idealnya?
6. Dalam pembelajaran Domain Psikomotorik, sangat ideal jika dilakukan dengan StP (Stdui
Proyek) apa itu maksud StP (belajar melalui partsipasi langsung di lapangan.
7. Langkah StP: 1. Penentuan target, 2. Pengecekan Lapangan, 3. Briefing (Pemberian
Infromasi), 4. Persiapan akademik, 5. Persiapan fisik sarana prasarana, 6. pelaksa.di lapangan, 7. Penulisan laporan, 8. Pembahasan hasil, 9. Penyempurnaan, 10 Laporan final.
8. Utarakan jenis ragam metoda yang tepat untuk domain Kognitif (minimaum 5).
9. Utarakan jenis ragam metode untuk domain afektif. Berikan alasan
10. Utarakna jenis ragam metode untuk domain psikomotor.
11. Mengapa pendekatan CTL menjadi pilihan dalam pembelajaran KWU?
12. Apa hakekat CTL?
13. sebutkan 7 pilar (komponen utama) pendekatan CTL
14. Jelaskan metode pembelajaran yang gayut dengan pendekatan CTL
15. Apa beda pendekatan CTL denga pendekatan tradisional.
16. Dalam pembinaan kognitif siswa, ada 5 klasifikasi kognitif (C1 sd.C5) sebutkan.
17. Jelaskan metode-metode yang cocok dengan pendekatan CTL.
18. Dalam pembinaan kemampuan afektif (sikap dan nilai) ada 7 A (A1-A7) sebutkan.
19. Metode mana yang cocok untuk menanamkan jiwa kewirausahaan.
20. Dalam pembinaan Psikomotorik (keterampilan berwirausaha) ada 2 klasisfikasi, sebutkan
21. Metode mana yang cocok untuk membentuk keterampilan berwirausaha.
Soal Latihan Media Pembelajaran
1. Jelaskan pengertian media pembelajaran.
2. Apa saja fungsi media dalam proses pembelajaran.
3. Jelaskan klasifikasi media pembelajaran.
4. Jelaskan alasan atau rasional mengapa dalam proses pembelajaran diperlukan media.
5. Jelaskan macam-macam media pembelajaran.
6. Jelaskan kelebihan dan kelemahan masing-masing ragam media.
7. Jelaskan dasar pokok (kriteria) pemilihan media.
8. Jelaskan langkah-langkah pemilihan media.
9. Jelaskan prosedur pengembangan media pembelajaran
10. Jelaskan langkah-langkah dalam validasi media
11. Jelaskan langkah-langkah pengelolaan media
Semoga Bermanfaat...
Soal Latihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
1. Berikan Judul penelitian tindakan kelas sesuai tema-tema PTK yang terkait dengan Siswa
berikut ini?
a. Masalah rendahnya motivasi belajar siswa
b. Masalah rendahnya partsisipasi siswa
c. Masalah banyaknya pelanggaran disiplin siswa
d. Masalah Kurangnya minat bertanya siswa
e. Masalah kemampuan mengemukakan pendapat
f. Masalah rendahnya kemampuan IT pada siswa.
g. Masalah rendahnya kegemaran membaca siswa
h. Masalah budaya pemborosan pada siswa
2. Berikan contoh judul PTK yang sesuai tema-tema PTK yang terkait dengan Guru berikut ini?
a. Masalah perilaku guru
b. Masalah pola hubungan guru dengan siswa yang kurang efektif
c. Masalah Model pelatihan Guru Bidang studi
d. Masalah kikirnya guru dalam memberi penghargaan
e. Masalah ketidak adilan guru dalam memberi perlakuan siswa.
f. Masalah rendahnya motivasi guru dalam melakukan perubahan
3. Berikan Judul penelitian sesuai Tema-tema PTK yang terkait dengan Proses Belajar
Mengajar?
a. Masalah metode pembelajaran yang tidak efektif
b. Masalah peningkatan partisipasi siswa dalam pbm.
c. Masalah model pengelolaan kelas
d. Masalah penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar
4. Berikan judul PTK yang sesuai Tema-tema PTK yang terkait dengan Sumber Belajar berikut
ini?
a. Masalah model pelayanan perpustakaan yang kurang efektif
b. Masalah Program IT (Komputer) di sekolah
c. Masalah Sarana prasarana kelas
d. Masalah media pembelajaran yang tidak memadai
e. Masalah keuangan yang tidak memadai.
5. Bagaimana Format penyusunan ”Proposal” PTK yang selama ini anda lakukan?
1. Judul, 2. Pendahuluan (Label, Rumusan masalah, Tujuan, Manfaat hasil), 3 Kajian Pustaka
(Kajian teori, kajian hasil Penelitian yang relevan), 4. Rancangan penelitian (penetapan
variabel dan indikator keberhasilan tindakan, sasarn pengumpulan data, cara dan instrumen
pengumpul data, rencana analisis data, rencana jadwal, anggaran dan tim peneliti) dan 5. daftar
pustaka.
6. Bagaimana format ”laporan hasil” penelitian PTK yang anda lakukan.
Judul, Abstrak, Kt pengantar, Daftar isi, daftar tabel, Bab 1 Pendahuluan (label, rumusan
masalah, tujuan, manfaat), Bab II Tinjauan pustaka dan pengajuan hipotesis, Bab III Metode
penelitian (seting penelitian/subyek tempat, waktu; Persiapan penelitian, siklus penelitian,
instrumen penlitian, teknik analisis, Baba IV Hasil penelitian (Siklus satu (pelaksanaan
tindakan, observasi, refleksi), siklus 2 dst dan bab V kesimpulan saran. Kemudian dilampiri
format pengamatan (check-list observation dan instrumen penilaian hasil belajar setelah
diberikan perlakuan pada responden (siswa).
7. Bagaimana Model Penilaian Mutu PTK yang anda lakukan.
Soal Latihan Pemahaman Metode Pembelajaran
1. Apa Beda pendekatan “materialistik” dengan pendekatan “humanistik” dalam PBM
2. Mengapa sasaran pembelajaran selalu meliputi 3 domain taksonomik
3. Apa hasil belajar ideal untuk domain kognitif dan apa proses belajar idealnya?
4. Apa hasil belajar ideal untuk domain afektif dan apa proses belajar idealnya?
5. Apa hasil belajar ideal untuk domain psikomotorik dan apa proses belajar idealnya?
6. Dalam pembelajaran Domain Psikomotorik, sangat ideal jika dilakukan dengan StP (Stdui
Proyek) apa itu maksud StP (belajar melalui partsipasi langsung di lapangan.
7. Langkah StP: 1. Penentuan target, 2. Pengecekan Lapangan, 3. Briefing (Pemberian
Infromasi), 4. Persiapan akademik, 5. Persiapan fisik sarana prasarana, 6. pelaksa.di lapangan, 7. Penulisan laporan, 8. Pembahasan hasil, 9. Penyempurnaan, 10 Laporan final.
8. Utarakan jenis ragam metoda yang tepat untuk domain Kognitif (minimaum 5).
9. Utarakan jenis ragam metode untuk domain afektif. Berikan alasan
10. Utarakna jenis ragam metode untuk domain psikomotor.
11. Mengapa pendekatan CTL menjadi pilihan dalam pembelajaran KWU?
12. Apa hakekat CTL?
13. sebutkan 7 pilar (komponen utama) pendekatan CTL
14. Jelaskan metode pembelajaran yang gayut dengan pendekatan CTL
15. Apa beda pendekatan CTL denga pendekatan tradisional.
16. Dalam pembinaan kognitif siswa, ada 5 klasifikasi kognitif (C1 sd.C5) sebutkan.
17. Jelaskan metode-metode yang cocok dengan pendekatan CTL.
18. Dalam pembinaan kemampuan afektif (sikap dan nilai) ada 7 A (A1-A7) sebutkan.
19. Metode mana yang cocok untuk menanamkan jiwa kewirausahaan.
20. Dalam pembinaan Psikomotorik (keterampilan berwirausaha) ada 2 klasisfikasi, sebutkan
21. Metode mana yang cocok untuk membentuk keterampilan berwirausaha.
Soal Latihan Media Pembelajaran
1. Jelaskan pengertian media pembelajaran.
2. Apa saja fungsi media dalam proses pembelajaran.
3. Jelaskan klasifikasi media pembelajaran.
4. Jelaskan alasan atau rasional mengapa dalam proses pembelajaran diperlukan media.
5. Jelaskan macam-macam media pembelajaran.
6. Jelaskan kelebihan dan kelemahan masing-masing ragam media.
7. Jelaskan dasar pokok (kriteria) pemilihan media.
8. Jelaskan langkah-langkah pemilihan media.
9. Jelaskan prosedur pengembangan media pembelajaran
10. Jelaskan langkah-langkah dalam validasi media
11. Jelaskan langkah-langkah pengelolaan media
Semoga Bermanfaat...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar