Rabu, 11 April 2012

LAPORAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

KOMPONEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH


KOMPONEN 1 : KEPRIBADIAN DAN SOSIAL

NO KRITERIA BUKTI DAN URAIAN
1.1. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah • Beribadah tepat waktu.
• Mengembangkan budaya
4S (Senyum, Salam, sapa, Santun).
1.2. Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas. • Terbuka dalam segala hal kepada semua komunitas di sekolah terutama terhadap Guru, TU, dan Penjaga Sekolah.
1.3. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.. • Dibuat struktur tugas pokok dan fungsi dengan selalu mengawasinya dalam setiap waktu.
1.4. Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.. • Mengutamakan komunikasi sebagai alat efektif dalam menghadapi masalah.
1.5. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. • Melaksanakan kerja bakti dalam pembuatan senderan saluran air.
1.6. Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain. • Melaksanakan kunjungan kepada warga yang mendapat musibah.
1.7. Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah. • Mengikuti rapat – rapat dengan kantor dinas kecamatan, rapat – rapat dengan PGRI, rakor di kecamatan, dan lain – lain.

KOMPONEN 2 : KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN
NO KRITERIA BUKTI DAN URAIAN
2.1 Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah. • Menciptakan visi dan misi sekolah sebagai pedoman langkah kedinasan.
2.2 Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi. • Membuat target tertentu dalam setiap program kegiatan.
2.3 Mengembangkan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization). • Mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan teknologi informatika.
2.4 Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran. • Tidak terjadi kenakalan siswa, sehingga iklim sekolah kondusif.
2.5 Memegang teguh tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran. • Sebagai pengawal pencapaian dan tercapainya tujuan dibuatkan tata tertib.
2.6 Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif.
• Melakukan studi banding dengan sekolah yang sudah maju.
2.7 Membangun rasa saling percaya dan memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah/madrasah. • Sering bertukar fikiran, dan pengalaman (sharing) dengan sesama warga sekolah.
2.8 Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/ madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif. • Disiplin dalam waktu kedinasan, mulai pagi, siang, dan sore hari.
2.9 Mengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah • Penyusunan KTSP secara bersama – sama dengan warga sekolah setiap tahun sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah.
2.10 Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal. • Upaya proses PBM dilaksanakan secara efektif.

KOMPONEN 3 : PENGEMBANGAN SEKOLAH
NO KRITERIA BUKTI DAN URAIAN
3.1 Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah/ madrasah. • Membuat RPS / RKAS yang disesuaikan dengan daya dukung yang ada.
3.2 Mengembangkan struktur organisasi sekolah/madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan. • Membuat stuktur pembagian tugas yang jelas sesuai kebutuhan.
3.3 Melaksanakan pengembangan sekolah/madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah • Membuat rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek dan selalu mengevaluasinya.
3.4 Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standard nasional pendidikan. • Merancang, visi, misi sekolah dengan mengacu pada tujuan tahun 2014 menjadi SSN.
3.5 Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat. • Evaluasi pelaksanaan proses KBM tiap bulan dan tiap semester.
3.6 Merencanakan dan menindaklanjuti hasil monitoring, evaluasi, dan pelaporan. • Menindaklanjuti hasil evaluasi dengan memberikan reward dan Funishman.
3.7 Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah/madrasah. • Membuat PTS (Penelitian Tindakan Sekolah)


KOMPONEN 4 : MANAJEMEN SUMBER DAYA
NO KRITERIA BUKTI DAN URAIAN
4.1 Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal • MemberI tugas kepada tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan potensi dan kompetensi yang dimilikinya.
4.2 Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal demi kepentingan pembelajaran. • Mengatur dan menata sarana dan prasarana yang ada secara optimal.
4.3 Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabilitas. • Menggunakan dana dan keuangan yang ada sesuai dengan program yang telah ditetapkan bersama.
4.4 Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan • Membuat pagar batas sekolah.
4.5 Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah • Mengoptimalkan mekanisme tata kerja yang efektif.
4.6 Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. • Mengoptimalkan musyawarah dalam pengambilan keputusan.
4.7 Mengelola layanan-layanan khusus sekolah/madrasah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah. • Memaksimalkan tugas khusus layanan pada fungsi wali kelas dan guru BP.
4.8 Memanfaatkaan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah • Memacu semua warga sekolah agar mampu menguasai teknologi.

KOMPONEN 5 : KEWIRAUSAHAAN
NO KRITERIA BUKTI DAN URAIAN
5.1 Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/ madrasah. • Mengembangkan inovasi teknologi informatika dengan program SIS.
5.2 Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran • Selalu berbuat maksimal dalam membuat kualitas dan kuantitas bekerja sesuai tupoksi pemimpin.
5.3 Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. • Memantau dan memberikan inovasi kepada warga sekolah.
5.4 Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah. • Selalu berusaha dalam setiap pencapaian program.
5.5 Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah/madrasah. • Mengembangkan koperasi siswa dan koperasi guru.

KOMPONEN 6 SUPERVISI PEMBELAJARAN
NO KRITERIA BUKTI DAN URAIAN
6.1 Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru • Menyusun dan melaksanakan supervisi minimal 1 (satu) kali dalam satu semester.
6.2 Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat. • Menyusun dan melaksanakan supervisi minimal 1 (satu) kali dalam satu semester.
6.3 Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. • Mengevaluasi proses pembelajaran dengan supervisi guru tiap semester.

1 komentar: