Sabtu, 02 April 2011

RENOVASI MESJID AT-TARBIYAH

PROPOSAL
RENOVASI MESJID AT-TARBIYAH
SMP NEGERI 2 CIBEUREUM
Jl.RAYA CIBEUREUM KEC. CIBEUREUM
KABUPATEN KUNINGAN
Kata Pengantar

بسم الله الرحمن الرحيم

Allahumma Shalli ala Sayyidina Muhammad wa Alihi Sayyidina Muhammad
Assalamu 'alaikum Wr.Wb.
Allah dan Rasul-Nya Muhammad SAW. memerintahkan umat Islam dimanapun mereka berada agar membangun masjid. Alangkah indah dan bahagianya umat Islam apabila memiliki sarana peribadatan yang memadai keberadaannya.
Kami, Panitia Renovasi Mesjid At-Tarbiyah bersama dengan Warga masyarakat internal Sekolah SMPN 2 Cibeureum, termasuk juga para Alumni yang berlokasi di Jl.Raya Cibeureum No 2 Desa Cibeureum Kec. Cibeureum Kab. Kuningan, berkeinginan merehab dan membangun pusat kegiatan da'wah Islam di lingkungan institusi kami yang lebih memadai dan layak untuk melayani masyarakat Islam Internal sekolah maupun masyarakat eksternal Islam disekitarnya yang membutuhkan.
Saat ini kami terus berupaya mengembangkan Mesjid At-Tarbiyah dengan melakukan perbaikan-perbaikan seperlunya namun tidak begitu berkembang/berhasil secara signifikan. Hal ini dikarenakan pendanaan yang terbatas yang bersumber dari infaq/sodaqoh para siswa/wali murid. Lebih lanjut tidak tertutup kemungkinan kami akan mengerjakan pembangunan sarana penunjang untuk kegiatan-kegiatan imtaq para siswa khususnya seperti ruang kesekretariatan, ruang perpustakaan serta tempat berwudhu yang lebih presentatif. Semua pembangunan sarana penunjang ini akan kami bangun secara bertahap dan tentunya berkesinambungan.
Dengan mengharapkan karunia dan Rahmat Allah Swt, serta bertawasul kepada Sang penutup Rasulullah SAW., beserta Ahlibaitnya as., kami mengetuk hati para dermawan muslimin untuk turut membantu meringankan beban pembiayaan renovasi maupun pembangunan, Semoga kemurahan hati para dermawan mendapat balasan dari Allah Swt., serta pahala yang berlipat ganda. Amin yaa Robbal 'Alamin….
Terimakasih…., Jazakumullahu Khairon Katsiro.
Wassalamu 'alaikum Wr.Wb.

Kuningan, April 2011

Panitia Pelaksana Renovasi & Pembangunan
Mesjid At-Tarbiyah SMPN 2 Cibeureum

Ketua Pelaksana

Eman Leman,S.Ag,M.Pd
Ketua DKM At-Tarbiyah


A. PENDAHULUAN
Mesjid At-Tarbiyah sejak pertama diresmikan penggunaannya telah menjadi pusat kegiatan keislaman dan mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan dakwah Islam. Selain fungsinya sebagai sarana tempat ibadah (sholat ), Mesjid At-Tarbiyah juga berfungsi sebagai sarana menanamkan nilai–nilai islam kepada civitas SMP Negeri 2 Cibeureum, khususnya siswa-siswi muslim dan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap proses pembentukan moral dan prilaku. Di mesjid At-Tarbiyah inilah berbagai kegiatan pelatihan dan kajian keislaman dilakukan, dan secara intensif berlangsung kegiatan pendampingan mata pelajaran agama Islam dan pembinaan keimanan dan ketaqwaan (imtaq) pada waktu-waktu yang ditentukan oleh DKM. Setiap hari Jum’at bagi sebagian siswa (terjadwal) SMP Negeri 2 Cibeureum digunakan sebagai salah satu mesjid yang dipakai membaca surat Yasin berjamaah setiap hari Jum’at. Dari kegiatan mesjid At-Tarbiyah ini pulalah telah banyak dilahirkan siswa-siswi muslim yang berkomitmen tinggi pada nilai moral dan berkemampuan melakukan perubahan masyarakat untuk menuju masyarakat yang Islami.
Seiring perkembangan waktu, jumlah civitas muslim di SMP Negeri 2 Cibeureum dari tahun ketahun semakin meningkat. Saat ini di SMPN 2 Cibeureum terdapat sekitar kurang lebih 415 siswa dan 30 guru/karyawan, jumlah tersebut belum ditambah dengan masyarakat eksternal di lingkungan Cibeureum. Untuk merespon antusiasme jamaah yang sedemikian tinggi terhadap aktivitas spiritual yang diselenggarakan di Mesjid At-Tarbiyah, yang ditandai dengan melimpahnya jumlah jamaah menginspirasi kepengurusan mesjid untuk melakukan renovasi serta perluasan mesjid.
Kondisi pembangunan mesjid saat ini sudah tidak lagi refresentatif, selain ruangan yang sudah terasa sempit dibandingkan jumlah jamaah, serta saat ini telah terjadi berbagai kerusakan fisik bangunan masjid karena umur maupun imbas dari bencana banjir yang beberapa kali melanda lingkungan sekolah, sehingga berkesan ‘kumuh’ dan jauh dari nilai-nilai islami sebagai rumah Allah. Terlihat banyak sekali atap yang bocor, kondisi eternit banyak yang jebol, genting banyak bergelombang dan pecah disebabkan karena rangka atap yang sudah mulai lapuk, serta lantai mesjid yang amblas dibeberapa bagian, sehingga keramik yang menutupi lantai banyak yang pecah/retak bahkan terlepas. Akibat kondisi fisik bangunan yang sudah mulai keropos inilah dikhawatirkan dapat menyebabkan hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan dan kenyamanan jamaah. Atas dasar inilah, maka timbul ide atau gagasan untuk segera dilakukan renovasi khususnya bagian atap mesjid At-Tarbiyah SMP Negeri 2 Cibeureum maupun merubah tampak dan struktur agar terlihat lebih indah, nyaman dan aman. Dengan demikian diharapkan akan menciptakan suasana kondusivitas mesjid sebagai pusat kegiatan keislaman yang melahirkan civitas muslim yang berdedikasi dan kompeten yang berakhlak islami.
Sehubungan dengan sangat besarnya peran serta dan kontribusi mesjid At-Tarbiyah SMP Negeri 2 Cibeureum terhadap perkembangan dakwah islam selama ini, baik di internal kampus SMP Negeri 2 Cibeureum pada khususnya, maupun di wilayah sekitar Cibeueum pada umumnya, maka sudah selayaknya tanggung jawab program renovasi mesjid Al-Hidayah SMP Negeri 2 Cibeureum ini bukan hanya menjadi tanggung jawab civitas akademika SMP Negeri 2 saja melainkan menjadi tanggung jawab dari semua pihak yang peduli terhadap perkembangan dakwah Islam dimuka bumi ini.

B. LANDASAN
A. “Tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan masjid-masjid Alloh, sedang mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka kekal di dalam neraka. Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Alloh ialah orang-orang yang beriman kepada Alloh dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Alloh, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. At Taubah : 17 – 18).
B. Keutamaan masjid dibandingkan tempat yang lainnya
Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan di dalam Shahihnya :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ مَسَاجِدُهَا وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ أَسْوَاقُهَا
Dari Abu Hurairah -radhiyallahu’anhu- Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bagian negeri yang paling Allah cintai adalah masjid-masjidnya, dan bagian negeri yang paling Allah benci adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah)

C.TUJUAN
1. Menyediakan tempat ibadah yang representatif, nyaman, dan indah bagi civitas SMP Negeri 2 Cibeureum dan masyarakat sekitar sekolah.
2. Sebagai pusat syiar agama Islam di SMP Negeri 2 Cibeureum dan Masyarakat disekitarnya.
3. Menyediakan tempat ibadah yang multifungsi, yaitu selain sebagai tempat melakukan ibadah sholat, juga bisa berfungsi sebagai tempat untuk melakukan aktivitas sosial keagamaan, berdiskusi tentang berbagai permasalahan umat, tempat menuntut ilmu agama, serta berbagai aktivitas keagamaan lainnya.
4. Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dan pembinaan mental siswa dan masyarakat yang berada disekitar lingkungan SMP Negeri 2 Cibeureum.

D.SUSUNAN KEPANITIAAN
Penasehat :
1. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Kuningan
2. Ketua Komite Sekolah
3. Kepala SMP Negeri 2 Cibeureum (Sekaligus Penanggung Jawab)
Ketua Pelaksana : Eman Leman,S.Ag,M.Pd (Ketua DKM)
Sekretaris : Eman Suherman,S.Pd.I
Bendahara : 1. Empat Fatiroh,S.Pd.
2. Suyat
Anggota :
1. Samsu Bachtiar,S.Pd.
2. Oo Kosasih,S.Pd
3. Ketua Ikatan Alumni SMP Negeri 2 Cibeureum
4. Ketua OSIS

E. ESTIMASI ANGGARAN
Berdasarkan hasil peninjauan dan perhitungan oleh team TEKNIS (Panitia Renovasi) maka estimasi anggaran biaya tahap I (pertama) terhitung Rp. 74.824.000 ( Tujuh Puluh Empat Juta Delapan Ratus Dua Puluh Empat Ribu Rupiah) (hasil pembulatan)
Catatan : Perhitungan anggaran tersebut belum termasuk perbaikan/pembenahan interior,finishing maupun kelengkapan sound system mesjid, Serta tidak tertutup kemungkinan apabila diperjalanan waktu kita menerima dana melebihi batas rencana, maka akan digunakan sekaligus untuk keperluan perluasan masjid serta sarana pendukung lainnya dengan melakukan revisi ulang RAB dan gambar rencana secara terbuka dan transparan.
( RAB, Photo existing & Gambar Terlampir )

F. SUMBER DANA
Berupa uang (zakat mal , infak, sodaqoh, wakaf) dari :
1. Donatur tetap
2. Jama'ah mesjid At-Tarbiyah
3. Instansi/organisasi/perusahaan yang tidak mengikat
4. Masyarakat muslim secara umum
5. Berupa uang (untuk bahan bangunan) sesuai dengan rencana kebutuhan bangunan
6. Usaha lain yang halal dan tidak mengikat.
Sehubungan dalam kegiatan pengumpulan dana renovasi mesjid At-Tarbiyah ini melibatkan peran aktif para Alumni SMP Negeri 2 Cibeureum, Donatur tetap, serta masyarakat luar sekolah yang kemungkinan juga berada ditempat yang jauh bahkan berada di luar kota, maka untuk memudahkan sistem pengumpulan (penyetoran) dana bagi mereka yang akan turut membantu dalam pendanaan namun tempatnya berjauhan dengan lokasi, kami memfasilitasi pengumpulan dana dapat dilakukan dengan cara mentransfer ke rekening khusus Renovasi masjid At-Tarbiyah di :

1. Bank BJB KCP LURAGUNG No.REKENING : 0011288154100 Atas nama : SMP NEGERI 2 CIBEUREUM

( Photo copy Buku Tabungan terlampir )
Tim Penggalian Dana : Seluruh Pengurus aktif DKM At-Tarbiyah Al-Hidayah, Para Guru & Karyawan, OSIS, serta Para Alumni SMPN 2 Cibeureum


F. PENUTUP
"Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah, yang beriman kepada Allah dan hari akhir serta mendirikan shalat, mengeluarkan zakat dan tidak takut melainkan kepada Allah. Lantaran itu mudah-mudahan mereka menjadi orang-orang yang mendapat petunjuk". (QS. At-Taubah:18)

"Kamu adalah sebaik-baiknya umat yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar. Dan kamu beriman kepada Allah". (QS. Al-Imran :110)
Demikian rangkuman proposal renovasi Mesjid At-Tarbiyah SMP Negeri 2 Cibeureum ini kami ajukan kepada para dermawan muslimin dan muslimat dimanapun berada. Dengan harapan seluruh warga muslim dapat membantu kami.
Tentunya melalui pemaparan ini, kami berharap para dermawan muslimin dan muslimat dimanapun berada mendapatkan informasi yang seluas-luasnya tentang renovasi mesjid, sehingga dapat disebar luaskan kepada sesama warga muslim sehingga dapat memberi masukan dan saran bagi kelanjutan proses renovasi mesjid di lingkungan SMPN 2 Cibeureum ini.
“Tidak diperkanankan memiliki sifat hasad (iri hati) kecuali dalam dua perkara yaitu terhadap seseorang yang didatangi Allah dengan Al-Qur’an dan ia menunaikannya sepanjang malam dan siang hari. Juga terhadap orang yang diberi harta oleh Allah SWT dan menafkahkannya sepanjang malam dan siang hari (dijalan Allah).” ( H.R. Imam Bukhari, hadist ke 5026, Kitab Shahih Bukhari ).
Pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta berpartisipasi sehingga proses renovasi mesjid “At-Tarbiyah” ini dapat berjalan seperti sekarang ini. Tak lupa kami juga mohon ma’af yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga muslim apabila dalam melaksanakan proses pembangunan mesjid At-Tarbiyah ini, kami banyak mengganggu waktu dan privasi para dermawan muslimin dan muslimat baik secara langsung maupun tidak langsung. Kami berharap dan berdo’a agar para dermawan sekalian tetap dilindungi oleh Allah SWT, dan tetap diberikan nikmat kesehatan dan Iman. Amien….

Kuningan, April 2011 Panitia Renovasi Masjid At-Tarbiyah.

Kepala SMP Negeri 2 Cibeureum Ketua Pelaksana,
(Penanggung Jawab)



Subagio,M.Pd.
NIP.19650607 18903 1 008 KETUA DKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar